Minggu , Januari 23 2022
Home / Nasional / Metode Tanam Rumpun di Pulau Harapan

Metode Tanam Rumpun di Pulau Harapan

Foto: Sahrul, 33 tahun.

BP, Jakarta — Siang yang terik di depan kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, seorang pemuda tangguh tetap aktif melayani para tamu. Sahrul (33), pria dua anak ini menjelaskan tentang upaya pelestarian penyu serta metode tanam rumpun berjarak yang beberapa tahun terakhir ini bisa dinikmati. Tinggi pohonnya sudah ada yang melebihi tinggi krang dewasa.
Dijelaskan Sahrul usia mangrove tiga bulan baru siap tanam. Metode ampuh rumpun berjarak sudah bisa dinikmati di sisi barat, selatan serta timur Pulau Harapan. Hal ini untuk mencegah abrasi dan intrusi air laut, jelasnya.

Ditemui tempat yang terpisah, Yohanes Budoyono yang diwawancara langsung di Kantornya di Salemba (19/9/2017) menjelaskan, bahwa perlu ada bentuk sinergi antara beberapa komponen yang mau menyelamatkan Pulau Harapan, sehingga semuanya lebih efektif dalam membangun Pulau Harapan, jelas Humas Taman Nasional Kepulauan Seribu ini.

Sementara masyarakat berharap dari tumbuhnya mangrove di tepi pantai bisa banyak bermanfaat yang di dapatkan. Setidaknya ada obyek baru yang bisa dikunjungi.

Di sisi lain, Ketua kelompok nelayan setempat, Herman, menghawatirkan burung akan datang, ular akan ada. Namun umumnya masyarakat menantikan bakau yang terus tumbuh menjadi obyek baru, seperti yang dilakukan pada Pulau Kelapa tetangga Pulau Harapan.

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Menhan Beri Kuliah Umum di Tana Toraja

BP, Tana Toraja — Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tana …