Minggu , Juni 16 2024
Home / Jurnal Masyarakat / Educamp Yayorin Untuk Generasi Muda Sadar Lingkungan

Educamp Yayorin Untuk Generasi Muda Sadar Lingkungan

BP, Lamandau — Kegiatan yang bertajuk Educamp merupakan rangkaian kegiatan pendidikan lingkungan hidup yang diadakan Yayasan Orangutan Indonesia (Yayorin) untuk memperingati hari Pekan Peduli Orangutan/Orangutan Caring Week (OCW) 2022.

OCW merupakan pekan kesadaran orangutan sedunia yang diadakan bulan Nopember setiap tahunnya. Kali ini Yayorin mengajak generasi muda tingkat SMA/sederajat untuk mengikuti kegiatan Educamp. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Kotawaringin Barat yang terdiri dari Satuan Karya Pramuka (Saka) Parawisata Kabupaten Lamandau, Saka Wira Kartika Kabupaten Lamandau, Saka Bakti Husada Kabuparen Lamandau, PPI Kabupaten Lamandau, Sispala Mera, D’nava dan Saling Salam.

Educamp adalah salah satu metode pendidikan konservasi lingkungan yang mengajak para peserta untuk mengeksplorasi potensi kawasan melalui kegiatan lapangan yang dikemas secara rekreatif edukatif.

Materi disampaikan dalam bentuk presentasi, praktek lapangan dan permainan sehingga kegiatan lebih menyenangkan. Selain itu dalam kegiatan educamp juga memiliki banyak manfaat seperti mempraktikkan kekompakan, meningkatkan pengetahuan tentang konservasi, dan melatih jiwa kepemimpinan seseorang.

Bertempat di Kampung Konservasi YAYORIN, peserta Educamp dibekali materi-materi tentang konservasi, orangutan dan pengenalan satwa liar dilindungi oleh Yayorin dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Kerja Wilayah (SKW) II Kalimantan Tengah.

Tidak hanya itu beberapa materi tentang wawasan kebangsaan, kepemimpinan, keorganisasian, dan pengenalan dan penanganan ular berbisa juga diberikan oleh KODIM 1017/Lamandau, Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau serta para ahli lainnya. Beberapa kegiatan pemutaran film tentang isu perubahan iklim, pembuatan ecoprint dan tracking menyusuri hutan rawa gambut menjadi bagian yang menarik pada Educamp kali ini.

Kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam memahami arti penting menjaga hutan, orangutan dan keanekaragaman hayati lainnya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat ikatan antara peserta kegiatan dengan alam sekitar dan harapannya dengan adanya kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran mengenai lingkungan hidup.

Penulis : Wahyu Nur Huda

About admin

Check Also

Gaya Hidup Berkelanjutan Green Ramadan

BP, Jakarta — United Nations Environment Programme memperkirakan sebanyak 23 hingga 37 juta metrik ton …