Jumat , November 16 2018
Home / Internasional / Jutaan Rakyat Turki Turun Ke Jalan Tolak Kudeta Militer

Jutaan Rakyat Turki Turun Ke Jalan Tolak Kudeta Militer

BP_Turki——-Jet dan helikopter terbang berseliweran di atas langit Ankara. Militer menutup akses jalan di 2 jembatan utama di Istanbul. Bagian dari Tentara Turki secara resmi mendeklarasikan kudeta dan mengatakan bahwa mereka mengambil alih kontrol atas negara bersamaan dengan ditutupnya Bandara Udara Utama Turki (16/7/2016).

“Kami ketahui mereka bertindak di luar rantai komando,” ujar Cemalettin Hasimi, juru bicara pemerintah kepada Al Jazeera berkaitan dengan tindakan bagian-bagian dari Tentara Turki yang berada di balik tindakan percobaan kudeta.

“Tetapi kekuatan demokrasi telah mengendalikan situasi kembali. Parlemen akan kembali bersama dalam setengah jam,” tambahnya.

Rakyat Turki merespon upaya kudeta militer dengan turun ke jalan. Rakyat Turki menginginkan pemerintahan resmi tetap berdiri di negeri itu. Banyaknya warga Turki yang menolak membuat militer berupaya menangkap mereka tetapi Polisi Turki menahan aksi militer itu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan lewat jaringan FaceTime berbicara kepada rakyat Turki. “Saya mengimbau kepada rakyat Turki untuk berkumpul di tempat-tempat umum dan bandara. Tak ada kekuatan yang lebih kuat daripada kekuatan rakyat.” tegas Erdogan.

Situasi terkini, puluhan tentara yang ikut kelompok kudeta menyerahkan senjata mereka. Sekitar 30 tentara itu lalu diamankan dalam van polisi. Mereka menyerah setelah polisi bersenjata mengepung alun-alun Taksim.

Jutaan rakyat Turki turun ke jalan menunjukkan dukungannya kepada pemerintahan yang sah. Bahkan banyak tank-tank militer Turki yang dinaiki oleh rakyat yang memprotes kudeta. Masjid-masjid mengumandangkan adzan. Seruan Erdogan diikuti rakyatnya. Pihak oposisi bahkan mengeluarkan pernyataan tidak mendukung upaya kudeta militer.

Erdogan yang telah kembali terlihat di Istanbul menegaskan, “Mereka yang terlibat dalam kudeta akan mendapat respon tegas. Tidak peduli mereka dari institusi mana.” (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Jamaah Haji Mulai Bergerak Menuju Mina, Arofah dan Muzdalifah

BP, Mekkah, Arab Saudi — Mulai sore (18/8/2018) waktu Arab Saudi jamaah calon haji dari …