Minggu , Juli 14 2024
Home / Nasional / Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara langsung kepada Hasanul Lutfi Ketua Umum Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (Mapala UMSB) yang diwakili oleh Anggota Bidang Pengembangan SDM Hari Sabar pada Kamis (25/1/2024).

Dalam rangka memperkuat silaturahmi dan meningkatkan kapasitas organisasi salah satu langkah konkrit yang dilakukan Mapala UMSB adalah berdiskusi manajemen operasi SAR dan latihan dasar-dasar vertical rescue. Sebanyak lima belas orang anggota Mapala UMSB hadir dalam kegiatan tersebut.

Diskusi dan latihan yang berlangsung pada Selasa (26/12/2023) menjadi momentum untuk saling berbagi pandangan, pengalaman dan ide-ide segar terkait keterampilan manajemen operasi SAR dan teknik dasar vertical rescue.

Rinanto narasumber dari SARMMI membuka diskusi dengan memaparkan secara umum bagaimana manajemen operasi SAR yang bisa dilakukan oleh Mapala UMSB sebagai anggota SARMMI khususnya operasi SAR pada medan terjal.

Operasi SAR pada medan terjal membutuhkan keterampilan simpul dan ikatan, ascending dan discending, anchoring, panjat tebing dan keterampilan lainnya sebagai dasar-dasar vertical rescue

Ipo Eigha Anggota Kehormatan Mapala UMSB menggarisbawahi pentingnya peningkatan kapasitas mengingat di Sumatera Barat potensi bencana cukup beragam. Dia menyatakan bahwa potensi SARMMI dari MAPALA UMSB harus selalu siap berada di garis depan di setiap ada bencana di Sumatera Barat.

Sementara itu Dr. Ilham Penasehat Mapala UMSB menambahkan dimensi baru ke dalam diskusi dengan menyoroti peran penting senior dalam pelatihan dan transfer pengalaman kepada kader Mapala UMSB. “Sosok kader yang dibentuk dalam Mapala UMSB sangat dipengaruhi oleh kualitas dan pendekatan pelatihan yang diterapkan,” jelasnya.

Diskusi dan latihan semakin hidup dengan penambahan perspektif dari Remon mantan Ketua umum Mapala UMSB periode tahun 2022, yang membahas tantangan yang dihadapi oleh organisasi mahasiswa pecinta alam dalam setiap operasi SAR. Remon membahas bagaimana peningkatan kapasitas anggota walau pendanaan terbatas.

Di penghujung diskusi dan latihan, Ketua Umum Mapala UMSB Hasanul Lutfi berharap diskusi dan latihan ini menjadi pemicu perubahan positif agar secara terus-menerus ada upaya dalam peningkatan kapasitas SAR.

“Kami percaya, dengan kerja sama dan komitmen seluruh anggota bersama SARMMI, Mapala UMSB akan tumbuh dan berkembang menjadi Mapala yang tangguh dalam menghadapi bencana di Indonesia,” pungkasnya.

 

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Mengamati Keanekaragaman Hayati Taman Terluas Di Kota Bogor

BP, Bogor — Belantara Foundation bekerja sama dengan Prodi Biologi FMIPA, Lembaga Penelitian dan Pengabdian …