Sabtu , April 27 2024
Home / Nasional / PP Pemuda Muhammadiyah Ke KPK Laporkan Dugaan Gratifikasi Untuk Tutupi Kasus Siyono

PP Pemuda Muhammadiyah Ke KPK Laporkan Dugaan Gratifikasi Untuk Tutupi Kasus Siyono

BP_Jakarta——-Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah menyerahkan uang Rp100 juta yang sempat diterima oleh istri terduga teroris Siyono, Suratmi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Jakarta, Kamis (19/5). Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Pemuda Muhammadiyah dan beberapa organisasi lainnya, melaporkan uang Rp100 juta yang selama ini, diakui oleh Kapolri sebagai uang pribadi Kepala Densus 88 yang diberikan kepada keluarga Suratmi. “Kami berharap KPK menindaklanjuti laporan tadi,” ujar Dahnil kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta.

Uang Rp100 juta itu, awalnya, diterima oleh Suratmi dari seseorang setelah mengetahui Siyono yang ditahan oleh Detasemen Khusus Antiteror 88 (Densus 88) Mabes Polri, sudah tak bernyawa lagi di Jakarta.

Dahnil berharap, KPK akan menindaklanjuti laporan terkait uang Rp.100 juta itu yang diduga terdapat gratifikasi di dalam kasus kematian Siyono. Karena, kata dia, uang pribadi itu bersumber dari beberapa pihak. “Sederhana, sebenarnya karena di uang itu ada beberapa catatan seperti asal banknya segala macam,” katanya.

Ihwal ini pun, Dahnil menuturkan, KPK diharapkan dapat melakukan tindakan hukum. “Langkah hukum berikutnya, penyelidikan, penyidikan itu kami serahkan sepenuhnya kepada KPK,” kata dia seusai menyerahkan uang Rp100 juta kepada Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

Sementara itu, Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti yang juga turut mendampingi pengurus PP Pemuda Muhammadiyah melapor ke KPK, mengatakan KPK harus mengusut sumber uang Rp100 juta tersebut. Alasannya, kata Ray, pertama, karena adanya dugaan gratifikasi terhadap sumber uang Rp100 juta ini. “Apakah mungkin Kadensus punya uang Rp100 juta langsung diberikan kepada orang?” tanya Ray yang mengenakan peci hitam di hadapan wartawan di KPK. “Kedua, apa makna penyerahan uang itu disertai dengan permintaan?” tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati mengatakan, akan menindaklanjuti laporan dugaan gratifikasi yang disampaikan oleh Pemuda Muhammadiyah dan beberapa organisasi lainnya. “Dari sisi KPK, seperti biasa, kami akan melakukan penelaahan atas laporan yang sudah masuk,” terang Yuyuk kepada wartawan. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …