Jumat , Oktober 30 2020
Home / Jabodetabek / Membahas Peran Penting RTH Dalam Diskusi Di DPR

Membahas Peran Penting RTH Dalam Diskusi Di DPR

Foto: Penyerahan leaflet burung kampus UNAS oleh Abay kepada Anggota DPR RI Irma Suryani

BP_Jakarta——-Mahasiswa Pascasarjana Magister Biologi Universitas Nasional, Ahmad Baihaqi memenuhi undangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada kegiatan Kopi Darat Blogger dan Netizen sakaligus merayakan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Abay sapaan akrabnya, bertemu dengan beberapa Anggota DPR RI, diantaranya Masinton Pasaribu (Fraksi PDIP) dan Irma Suryani (Fraksi Nasdem). Dalam pertemuan tersebut Abay menjelaskan peran Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan keanekaragaman hayati DKI Jakarta.

“Selain sebagai estetika kota, RTH juga berperan sebagai habitat bagi keanekaragaman hayati yang hidup di Ibu Kota. Keberadaan keanekaragaman hayati tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran bagi anak sekolah dan dapat dijadikan objek penelitian bagi mahasiswa yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai keanekaragaman hayati perkotaan,” papar Abay di Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Senayan, Kamis (17/11/2016).

RTH merupakan kawasan yang didominasi oleh tumbuhan yang memiliki fungsi untuk sarana konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, untuk keindahan kota itu sendiri serta untuk menunjang kelestarian air, udara dan tanah.
Menurut penelitian, RTH yang ideal di kota adalah 30% dari total luas area. Namun, di Jakarta total luas RTH hanya mencakup sekitar 10%. Hal ini perlu diadakan perluasan area untuk RTH yang terdapat di Jakarta agar dapat menunjang kehidupan keanekaragaman hayati yang dapat hidup di sekitarnya.

Saat ini peranan kampus sebagai RTH sangat diperlukan, selain sebagai sarana untuk menimba ilmu, peranan kampus juga dapat sebagai RTH. Tidak hanya itu, lingkungan di sekitar kampus yang masih banyak pepohonan juga dapat berperan penting sebagai RTH seperti pekarangan rumah, taman-taman kota, arboretum maupun lapangan bola.

Mengingat RTH sangatlah terbatas dikarenakan banyak dijadikan untuk pembangunan jalan, pemukiman, dan sebagainya. Kampus dan lingkungan sekitarnya sebagai RTH sangatlah penting untuk menunjang kehidupan keanekaragaman hayati dan manusia. Suasana yang terlihat lebih teduh dan nyaman dikarenakan banyak rerimbunan pohon yang hijau menjadi tempat yang nyaman bagi manusia maupun keanekaragaman hayati yang berada di sekitarnya sehingga diperlukan pendataan keanekaragaman hayati yang berada di RTH DKI Jakarta.

Masinton Pasaribu dan Irma Suryani menyambut baik mengenai pendataan keanekaragaman hayati di RTH DKI Jakarta dan hasil dari pendataan tersebut dapat dibuat semacam papan interpretasi mengenai keanekaragaman hayati yang berada di taman dan hutan kota DKI Jakarta serta dibuat juga papan larangan berburu satwa liar di RTH tersebut.
“Mari bergerak bersama mengenalkan dan melestarikan keanekaragaman hayati Ibu Kota,” tutup Abay yang juga merupakan Koordinator Divisi Kampanye dan Pendidikan Lingkungan Hidup Komunitas Tranformasi Hijau. (RWN)

The following two tabs change content below.

admin

About admin

Check Also

LMK Petamburan Perjuangkan Solusi Keluhan Air Bersih Warga

BP , Jakarta — Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) dan Pengurus RW.08 Kelurahan Petamburan Tanah Abang, …