Minggu , April 18 2021
Home/Sport/Legenda Sepakbola Johan Cruyff Meninggal Dunia

Legenda Sepakbola Johan Cruyff Meninggal Dunia

BP_Jakarta——-Legenda sepakbola dari Belanda, Johan Cruyff meninggal dunia dalam usia 68 tahun pada Kamis, 24 Maret 2016 di Barcelona.

Cruyff pernah meraih gelar pemain terbaik Eropa sebanyak tiga kali. Cruyff mencatat penampilan luar biasa dalam Piala Dunia tahun 1974 yang akhirnya menempatkan Belanda sebagai peringkat kedua.

Sebagai pemain ia meraih berbagai gelar juara bersama Ajax Amsterdam, Barcelona dan Feyenoord. Cruyff juga hebat melakoni peran pelatih. Ia meraih berbagai gelar bersama Ajax dan Barcelona. Bersama Barcelona, sebagai pelatih Cruyff memenangkan gelar La Liga empat kali. Prestasi terbaik bersama Barcelona sebagai pelatih ialah gelar juara European Cup (sekarang Liga Champions Eropa) pada tahun 1992. Filosofi sepakbola Total Football khas kesebelasan Belanda yang dicetuskan Rinus Michel kental mengalir dalam gaya permainan sebagai pemain maupun tim yang ia asuh.

Di Barcelona, akademi La Masia yang telah melahirkan banyak pemain hebat pendiriannya juga dipelopori oleh Cruyff.

Cruyff didiagnosa terkena kanker paru-paru pada Oktober 2015. Pada bulan Februari 2016, Cruyff berseloroh kalau ia merasa unggul 2-0 dalam pertandingan melawan kanker paru-paru dan ia yakin akan menang. Namun seperti hasil akhir pertandingan sepakbola, tak ada yang bisa diprediksi secara pasti. Peluit panjang kehidupan Cruyff telah ditiup. Ia dikalahkan oleh kanker karena dekatnya Cruyff dengan tembakau pada masa lalu. (RWN. Foto Twitter Linel Messi)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Lomba Panahan Anak Meriahkan HUT RI ke 74

BP, Jakarta — Ahad pagi (18/8/2019) Lapangan STU, Karet Tengsin, Jakarta Pusat tampak lebih ramai …