Jumat , April 19 2024
Home / Nasional / Peringatan Hari Air 2016

Peringatan Hari Air 2016

BP_Jakarta——-Tema Hari Air Dunia tahun 2016 (22/3/2016), memberitahukan bagaimana kuantitas dan kualitas air yang cukup dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian bahkan mengubah keadaan masyarakat serta ekonomi. Usia bumi yang semakin renta mengiringi isi lembaran planet ini. Sumber daya yang sering dibicarakan adalah air, karena setiap makhluk hidup memerlukannya.

Di beberapa titik dunia pada tahun ini di bawah naungan PBB mengorganisir kegiatan Hari Air. UN-Water, suatu badan antar lembaga PBB yang mengordinir pelaksanaan Hari Air Sedunia, telah merilis tema dan logo Hari Air Sedunia Tahun 2016.

Seperti pada perayaan tahun-tahun sebelumnya, tema dan logo Hari Air Sedunia (World Water Day) yang diangkat akan menjadi fokus utama kampanye akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. 

Pada tahun ini peringatan hari Air Sedunia diperingati di berbagai titik. Di Surabaya peringatan Hari Air diwarnai oleh diskusi yang bertemakan “Menuju 100% Pelayanan Air Bersih Tahun 2019 di Jawa Timur”.

Dalam memperingati Hari Air Sedunia 2016 oleh KPPL HMTL Institut Teknologi Surabaya, materi ruang diskusi telah disampaikan oleh 2 orang narasumber, yaitu Ir. Agus Mardyanto, ME, PhD (Dosen Teknik Lingkungan FTSP ITS) dan Ir.Zaenal Arifin, MT (Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum di Jawa Timur). Acara diskusi ini diadakan di ruang Sidang Teknik Lingkungan ITS.

Di tempat yang berbeda Kelompok Kerja AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) Nasional meluncurkan Dongeng Sanitasi dan Air Minum.
Ada 10 cerita dongeng di dalamnya yang dikemas dengan cerita yang edukatif dan ilustrasi yang menarik.

Belum lagi acara parade yang diselenggarakan Mapala se Jabotabek dari Salemba ke Bundaran HI beberapa hari lalu. Dikatakan Andri dari Mapala Stacia UMJ bahwa Mapala se Jakarta ingin berpesan pentingnya menjaga kualitas air dengan memulai menjaga lingkungan sekitar. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …