Minggu , Oktober 28 2018
Home / Perguruan Tinggi / Mau Ikut Seminar Nasional Biodiversitas di Unas? Ini Infonya

Mau Ikut Seminar Nasional Biodiversitas di Unas? Ini Infonya

BP, Jakarta — Pemanfaatan biodiversitas Indonesia, umumnya masih terbatas pada pemanfaatan langsung dengan eksploitasi dari alam, bahkan berbagai jenis yang sudah dilindungi masih dieksploitasi secara ilegal dan diperdagangkan secara gelap (illegal trading).

Pemanfaatan yang belum sepenuhnya menerapkan konsep pemanfaatan berkelanjutan, pemanfaatan yang kurang terkontrol, dan pelanggaran-pelanggaran terhadap ketentuan yang telah digariskan, telah mengakibatkan degradasi biodiversitas, meningkatnya keterancaman biodiversitas Indonesia, dan menimbulkan berbagai krisis ekologi yang sangat merugikan bumi Indonesia.

Model pemanfaatan yang tidak terpola, pemanfaatan yang hanya memberatkan kepentingan ekonomi kekinian saja telah menjadikan Indonesia sebagai biodiversity hotspot country, negara dengan biodiversitas paling terancam di dunia.

Dalam rangka memeringati Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April, Pusat Penelitian dan Pengembangan Tumbuhan Obat, Pusat Kajian Lingkungan dan Konservasi Alam Fakultas Biologi Universitas Nasional (UNAS) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNAS, menyelenggarakan Seminar Nasional Biodiversitas untuk Kehidupan bertajuk ” Kondisi Ekologis, Potensi, dan Pengembangan Biodiversitas Indonesia untuk Keseimbangan Kehidupan di Bumi”

Seminar ini akan dihadiri oleh Keynote Speakers Prof. Dr. Ernawati Sinaga, MS Apt. (UNAS) dengan topik Etnofarmakologi tumbuhan Zingiberaceae di Indonesia dan Prof. Dr. Sutyarso, M.Si (Universitas Lampung) dengan topik Biodiversitas sebagai anti aging dan disfungsi seksual.

Seminar ini juga akan dihadiri oleh Invited Speaker Dr. Dolly Priatna, M.Si (Head of Landscape Conservation Asia Pulp & Paper Group) dengan topik Peran Sektor Swasta Dalam Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca untuk Keseimbangan Kehidupan di Bumi.

Seminar Nasional ini akan diselenggarakan pada Sabtu, 21 April 2018 di Kampus Universitas Nasional
Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai jam 08.00-18.00 WIB.

Bagi pembaca yang ingin mengikuti acara ini dapat melakukan konfirmasi kehadiran dengab menghubungi Ahmad Baihaqi (Abay)
No.HP/WA: 082210567337.

(RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Ahmad Baihaqi Juara Lomba Cerpen Tingkat Nasional Global Tiger Day 2017

BP, Jakarta — Dalam rangka Hari Harimau Sedunia, lomba menulis cerpen tingkat nasional sebagai perayaan …