Rabu , November 14 2018
Home / Perguruan Tinggi / Ahmad Baihaqi Juara Lomba Cerpen Tingkat Nasional Global Tiger Day 2017

Ahmad Baihaqi Juara Lomba Cerpen Tingkat Nasional Global Tiger Day 2017

BP, Jakarta — Dalam rangka Hari Harimau Sedunia, lomba menulis cerpen tingkat nasional sebagai perayaan peringatan Global Tiger Day tahun 2017 diselenggarakan oleh Kawan Imau. Tiger Heart Jambi, Forum HarimauKita, dan ZSL.

Lomba ini diikuti oleh 28 peserta khususnya daerah Sumatera dan Jawa. Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti lomba ini, peserta hanya mengirimkan karyanya melalui Email kepada panitia. Atas kemenangannya, pria yang memiliki hobi mengamati burung dan fotografi alam liar tersebut mendapatkan piagam penghargaan, T-shirt kawanimau, dan hadiah berupa uang tunai.

Setelah melalui proses penilaian, penyelenggara menetapkan Ahmad Baihaqi, mahasiswa semester 2 program studi magister Biologi sekolah pascasarjana Universitas Nasional (UNAS) meraih juara 3 lomba menulis cerpen tingkat nasional bertajuk ‘Time4Tigers” (29/7/2017). Pria kelahiran Jakarta, 15 September 1993 ini berhasil menarik perhatian juri dengan karyanya dalam rangka Global Tiger Day (hari harimau sedunia) yang diperingati setiap tanggal 29 Juli setiap tahunnya.

Melalui judul cerpen yang ditulisnya ‘Bukan Inginku’, ia mengisahkan seorang pengusaha yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 4.000 ha yang akhirnya sadar ingin merestorasi setengah perkebunannya menjadi hutan sebagai habitat Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Lomba ini, diikutinya sebagai salah satu upaya edukasi kepada masyarakat tentang pelestarian Harimau Sumatera beserta habitatnya. Mengingat keberadaan Harimau Sumatera di alam statusnya Critically Endangered atau kritis.

Harimau Sumatera merupakan salah satu subspesies Harimau yang ada di Indonesia. Dari 9 subspesies Harimau di dunia, 3 diantaranya ada di Indonesia. Harimau Sumatera merupakan Harimau terakhir di Indonesia setelah dinyatakan punahnya 2 subspesies lainnya, yaitu Harimau Bali (Panthera tigris balica) pada tahun 1973 dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) pada tahun 1970. Konversi lahan, perburuan liar dan perdagangan bagian tubuh harimau masih sering terjadi dan merupakan faktor dari kepunahan tersebut.

“Dengan adanya perayaan Global Tiger Day semoga kesadaran masyarakat meningkat mengenai pentingnya hidup harmonis dengan alam. Saya juga berharap setelah mengikuti lomba ini semakin banyak generasi muda yang peduli dengan alam semesta beserta isinya. Dan bergotong-royong mengenalkan serta melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia” ungkap Ahmad Baihaqi yang juga sebagai Education & Outreach Yayasan KEHATI. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Prodi Master Biologi UNAS Luncurkan Buku Muara Gembong

BP, Jakarta — Muara Gembong merupakan wilayah pesisir yang terletak di pantai utara Jawa Barat. …