Minggu , November 28 2021
Home / Perguruan Tinggi / Siswa SMA Ikuti Pelatihan Analisa Residu Boraks Dan Formalin Di Fakultas Biologi UNAS

Siswa SMA Ikuti Pelatihan Analisa Residu Boraks Dan Formalin Di Fakultas Biologi UNAS

Foto: Anggota Sapta Pala SMA 7 Jakarta Sedang Praktek Analisa Boraks dan Formalin Di Fakultas Biologi UNAS

BP_Jakarta——-Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati, yang diperingati setiap tanggal 22 Mei, Fakultas Biologi Universitas Nasional, Jakarta menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Pelatihan Pembuatan Pereaksi Untuk Analisis Residu Formalin dan Boraks Pada Produk Makanan” pada tanggal 28 Mei 2016.

Pelatihan yang juga sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diselengarakan di Laboratorium Kimia Fakultas Biologi Universitas Nasional, Jakarta ini dihadiri oleh siswa yang tergabung dalam Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMA Sumbangsih dan Pecinta Alam Sapta Pala SMAN 7 Jakarta.

Hadir sebagai narasumber Drs. Ikna Suyatna Jalip, M.S dan dimoderatori oleh Drs. Ikhsan Matondang, M.Si yang juga merupakan Dosen Fakultas Biologi UNAS. Uji boraks dan formalin pada makanan ini juga didampingi oleh anggota Kelompok Studi Ekologi Perairan Fakultas Biologi UNAS.

Ikna menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam membuat pereaksi analisis residu formalin dan boraks pada makanan. Selain itu, siswa juga dapat membedakan produk makanan yang mengandung formalin dan boraks dengan yang tidak.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, saya dapat membedakan makanan yang berformalin dengan yang tidak”. Ujar Tsabita Yuliandini Jiwanti.
Tsabita yang merupakan wakil ketua KIR SMA sumbangsih mengatakan “Setelah mengikuti pelatihan ini, saya akan lebih hati-hati dalam memilih makanan, hal ini dikarenakan jika makanan yang berformalin atau mengandung boraks masuk ke dalam tubuh kita, zat berbahaya tersebut dapat merusak sistem pencernaan kita”.
“Setelah mengikuti pelatihan ini, Saya ingin menguji makanan yang dijual di kantin sekolah. Saya penasaran apakah makanan yang dijual di kantin sekolah bebas dari formalin atau tidak,” ujar Taufik Kusuma Putra Ketua Umum Sapta Pala SMAN 7 Jakarta yang juga mengikuti pelatihan.

Universitas Nasional (UNAS) adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tertua di Jakarta dan tertua kedua di Indonesia. UNAS didirikan pada tanggal 15 Oktober 1949 oleh seorang budayawan terkemuka, yaitu Sutan Takdir Alisjahbana bersama tokoh-tokoh terkemuka Indonesia.

UNAS terdiri dari sembilan fakultas salah satunya adalah Fakultas Biologi. Sejak berdirinya Fakultas Biologi UNAS sangat peduli terhadap lingkungan dan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan upaya pelestarian keanekaragaman hayati. Kepedulian ini sangat didukung oleh proses pembelajaran dan sarana-prasarana yang ada di kampus maupun di lapangan. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Bantu Kebakaran Benhil Solidaritas Tak Pernah Hilang

BP, Jakarta — Kebakaran yang terjadi di RT 15/06 Bendungan Hilir pada 8 Desember 2020 …