Rabu , April 24 2024
Home / Nasional / Kunjungan ALMI Dan AIPI Ke Kementerian PPN/Bappenas

Kunjungan ALMI Dan AIPI Ke Kementerian PPN/Bappenas

BP_Jakarta——-Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembangunan Ir. Bambang Prijambodo, MA selaku Ketua Tim Visi Indonesia 2045 dan 2085 menerima kunjungan Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Prof. Sangkot Marzuki dan ilmuwan-ilmuwan muda yang tergabung dalam Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) pada hari Rabu (20/4) lalu di Kementerian PPN/Bappenas.

Pertemuan ini digagas dalam rangka menangkap aspirasi ilmuwan terhadap Visi Indonesia 2085 dan Visi 100 tahun Indonesia 2045, yang sedang disusun oleh Kementerian PPN/Bappenas.

Adapun ilmuwan-ilmuwan muda yang tergabung dalam ALMI antara lain, Prof. Jamaluddin Jompa, Dr. Hasnawati Saleh, Dr. Roby Muhamad, Dr. Eng. Yudi Darma, Dr. Aiyen B. Tjoa, dan Dr. Ronny Martien turut hadir dalam pertemuan tersebut.

AIPI dan ALMI mempresentasikan SAINS45 Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menyongsong Satu Abad Kemerdekaan. SAINS45 berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang terinspirasi dan dijiwai oleh identitas ke-Indonesiaan dan ideologi Pancasila. Dokumen tersebut disusun dalam sebuah usaha untuk memaparkan ilmu pengetahuan sebagai metodologi, kerangka berpikir, dan budaya yang tumbuh dan perlu dikembangkan dalam konteks Indonesia.

Direktur Industri, IPTEK, dan Parekraf Kementerian PPN/Bappenas Dr. Mesdin Simarmata yang mengepalai Koordinator Pokja Teknologi dan Ekonomi ikut menghadiri pertemuan ini, sekaligus perwakilan dari Knowledge Sector Initiative (KSI).

Di akhir pertemuan Bambang Prijambodo menyampaikan keinginannya untuk meneruskan informasi mengenai SAINS45 kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan mengharapkan Sangkot Marzuki dapat terlibat dan berkontribusi sebagai tim eksternal untuk Tim Visi Indonesia 2045 dan 2085. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …