Kamis , September 23 2021
Home / English Article / Al Asraf Masjid Tertua Kedua di Purwakarta Direnovasi

Al Asraf Masjid Tertua Kedua di Purwakarta Direnovasi

Berita Persatuan – Purwakarta 12/01/2021. Siapa sangka di Jalan Lurah Kawi, Cikao Bandung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat terdapat masjid nomor dua tertua di Purwakarta.

“Masjid Jami Al Asraf terletak di RT 04 RW 01. Memang terlihat seperti masjid baru dibangun, namun kenyataannya masjid ini sudah mengalami tiga kali pemugaran, biasanya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat sekitar,” tutur Akhmad Junaidi dari bidang pembangunan masjid.

Yang menarik bahwa sumur tua di sekitar sini bisa dijadikan wasilah, sebagai obat dengan berharap semuanya kepada Allah SWT.

Pada bulan Nopember tahun 1945 aliran dari sumur ini diberikan ke masyarakat sekitar dengan volume 10.000 liter.
Masjid yang didirikan tanun 1275 hijriyah ini membutuhkan elemen yang harus dipasang, seperti, tiang, kubah, pintu, jendela sampai ke pagar halaman.

Masjid yang memiliki luas area 520 meter persegi ini memiliki peninggalan, seperti daun pintu dengan ukiran tahun dibangunnya masjid, mimbar masjid yang memiliki kaitan dengan Kesultanan Cirebon dan Demak serta kuwali yang memiliki berat 300 kilogram, dahulu dijadikan tempat penyulingan daun sereh, saat ini dijadikan tempat air mancur di muka halaman masjid.

Dikisahkan Junaidi, dahulu masjid ini ada di bawah jalan, namun diurug secara swadaya hingga masjid ini berada di atas jalan. Dana swadaya masyarakat dimulai dari 120 juta rupiah, dari mulai arsitek, logistik sampai pekerja semua melibatkan masyarakat, papar Junaidi.

Kini keperluan masjid masih berkisar 1,8 milyar rupiah lagi. Semoga ada tangan tangan dermawan yang ingin mendonasikan hartanya untuk pembangunan Masjid tua ini.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Akhmad Junaidi nomor HP 087891765705.

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Kunjungi PP Muhammadiyah, Yogyakarta, SARMMI Tuai Apresiasi dan Dukungan

BP, Jogjakarta — Dua orang pengurus SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah se-Indonesia) mengunjungi Yogyakarta (13/03/2019). Mereka …