Selasa , Maret 2 2021
Home/Internasional/Presiden RI Hadiri KTT ASEAN di Filipina

Presiden RI Hadiri KTT ASEAN di Filipina

BP, Manila — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan Udara Col. Jesus Villamor, Manila, Republik Filipina, Jumat (28/4/2017).

Pesawat Kepresidenan yang ditumpangi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan mendarat di Villamor sekitar pukul 14.12 waktu setempat (waktu di Manila lebih cepat 1 jam dari waktu di Jakarta).

Di tangga pesawat, Presiden dan Ibu Negara disambut oleh Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Republik Filipina Robert A. Borja dan Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Filipina Johny J. Lumintang.

Turut menyambut Presiden dan Ibu Negara Menteri Pertanian Republik Filipina Emmanuel Pinol, Istri Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Republik Filipina Sonya Riupassa, serta Atase Pertahanan Republik Indonesia di Manila Kolonel Asep Saefudin beserta istri.

Selanjutnya rombongan meninggalkan Pangkalan Udara Villamor, Manila menuju Hotel Sofitel Philippine Plaza, tempat dimana Presiden dan rombongan menginap selama di Manila.

Hadiri KTT ASEAN

Di Manila Presiden Jokowi akan menghadiri pertemuan KTT ASEAN. Upacara pembukaan dan pertemuan KTT yang juga bertepatan dengan peringatan ASEAN yang ke-50 ini, akan berlangsung di Philippine International Convention Center (PICC), Sabtu (29/4). Para pemimpin negara ASEAN juga akan melakukan retreat di Coconut Palace.

Di KTT, para pemimpin ASEAN akan membahas mengenai implementasi Visi Komunitas ASEAN 2025. Mereka juga akan bertukar pandangan mengenai isu regional dan internasional.

Para pemimpin juga diagendakan untuk menandatangani Deklarasi ASEAN mengenai Peranan Pelayan Publik sebagai Katalisator dalam Mencapai Visi Komunitas ASEAN 2025.

Selain itu, para pemimpin negara ASEAN juga akan melakukan pertemuan dengan delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assembly dan ASEAN Youth.

Dalam rangkaian KTT ini juga diadakan pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysian-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) ke-12 serta pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-10.

Sebelum menghadiri rangkaian KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Malacanang dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Republik Filipina Rodrigo Roa Duterte, Jumat (28/4/2017).

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (RWN. Sumber: Setneg)

The following two tabs change content below.

admin

Latest posts by admin (see all)

About admin

Check Also

Habib Umar Al Hafidz: Jangan Mencaci dan Terlalu Memuji Calon Pemimpin

BP, Sumedang — Multaqo Ulama Internasional digelar Sumedang, Jawa Barat. Menurut keterangan Humas Pondok Pesantren …