Jumat , Mei 3 2024
Home / Nasional / Posko SARMMI Masuki Desa Minim Bantuan

Posko SARMMI Masuki Desa Minim Bantuan

BP, Cianjur — Setelah tujuh hari mengelola posko kemanusiaan guna membantu korban gempa di Kampung Cijoho, Desa Jambu Dipa, Warungkondang, para relawan yang bergabung di Posko Kemanusiaan SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia) memindahkan posko mereka ke Dusun Cieseupan yang berada di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Cianjur. Pada Selasa sore, 29 November 2022.

Menurut Ketua Umum SARMMI Handi Abdullah Muflih, posko dipindah karena bantuan yang masuk Dusun Cieseupan masih minim. Sementara warga Dusun Cieseupan yang menjadi korban gempa jumlahnya banyak.

“Kami perihatin dengan kondisi warga Dusun Cieseupan, karena itulah relawan yang bergabung di Posko Kemanusiaan SARMMI pindah ke sana,” jelas Handi.

Senada dengan Handi, kepala Dusun Cieseupan Ishak Wahyudin mengungkap, aliran bantuan yang masuk ke desanya sejak hari pertama gempa, tidak banyak. Padahal warga sangat membutuhkannya. Terutama yang masih mengungsi di sawah. Sebagian dari mereka termasuk kelompok rentan.

Di Dusun Cieseupan para relawan yang mengelola Posko Kemanusiaan SARMMI akan membantu warga merobohkan rumah. Membuat hunian darurat. Memberikan bantuan medis. Melakukan pemutahiran data warga. Distribusi kebutuhan dasar pengungsi. Membuat dapur umum. Siaga SAR 24 jam.

Kemudian mengadakan psikososial untuk anak-anak. Menyelenggarakan sekolah darurat dan TPA darurat. Serta edukasi kebencanaan.

Posko Kemanusiaan SARMMI di Dusun Cieseupan diinisiasi oleh relawan Mapala Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Ahyar Stone bersama lima relawan Sapta Pala SMAN 7 Jakarta yakni, Adi Nugroho, Muhammad Lutfi Altito, Muhammad Rizki Vijay, Diky Julian.

(Achyar Stone)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …