Sabtu , April 27 2024
Home / Nasional / Peringatan 17 Tahun Tragedi Semanggi Mahasiswa Pertanyakan Keseriusan Presiden

Peringatan 17 Tahun Tragedi Semanggi Mahasiswa Pertanyakan Keseriusan Presiden

BP_Jakarta——-Aksi memperingati 17 tahun tragedi Semanggi II, Jumat (23/09/15) digelar. Puluhan mahasiswa menggepar aksi demonstrasi di depan Gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Dikenangkan salah seorang orator dari mimbar aksinya, bahwa pada tinggal 24 September 1999 ada mahasiswa yang menjadi korban peluru tajam.

Ketika itu  warga masyarakat serta mahasiswa melakukan aksi menolak RUU-PKB (Penanggulangan Keadaan Bahaya) yang akhirnya jatuh korban Dari mahasiswa UI bernama Yap Yun Hap.

Diakui Ade salah seorang aktivis dari Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya, banyak kasus pelanggaran HAM yang tidak selesai, mulai dari peristiwa 1965, peristiwa berdarah Tanjung Priok 1984, peristiwa terbunuhnya wartawan Udin, Marsinah, Trisakti, bahkan tokoh HAM Munir hari ini belum menemukan titik terang.

Front Aksi Mahasiswa Semanggi menceritakan singkat tragedi HAM yang terjadi dalam pamphlet yang disebarkannya. Dalam judul pamphlet “Nawa Cita Berujung Duka”. Dikatakan orator bahwa Jokowi dan Yusuf Kalla sebelumnya telah mengatakan komitmennya, untuk menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu secara berkeadilan, yang dimuat dalam visi misi Nawa Cita 2014.

Pendemo menyerukan hal-hal sebagai berikut, 1. Mempertanyakan keseriusan Presiden dalam agenda Nawa Cita. 2. Mendesak Kejaksaan Agung untuk segera melakukan penyelidikan terhadap kasus TTS. 3. Mendesak DPR untuk mencabut Rekomensasi DPR tahun 2001 tentang kasus TTS, dan mengusulkan kepada Presiden agar segera menerbitkan Keppres pembentukan Pengadilan HAM.

Aksi ini diikuti massa dari FAMSI, SEMAR UI, KontraS, serta Gema Demokrsi. Ade memiliki niat untuk melakukan aksi aksi unik lainnya agar makin banyak orang berkata “menolak lupa”.(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …