Jumat , Maret 29 2024
Home / Nasional / Duka Banjir Dan Longsor Garut

Duka Banjir Dan Longsor Garut

BP_Garut——-Hujan deras yang terjadi di Garut sejak malam Rabu, 20 September 2016 menyebabkan banjir bandang di sejumlah wilayah. Menurut pantauan dari tim relawan yang berada di sana, terjadi longsor di Garut Selatan, khususnya di daerah batu tumpang Cikajang Garut. Meluapnya Sungai Cimanuk menyebabkan banjr hingga ketinggian empat meter. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet pun ikut terendam. Jembatan RSUD dr Slamet turut rusak sehingga tidak bisa dilewati.

Bupati Garut, Rudi Gunawan mengatakan Garut dalam situasi darurat bencana. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut menunjukkan wilayah yang terdampak banjir ialah Kecamatan Bayongbong, Garut Kota, Tarogong, Kidul, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, dan Karangpawitan.

Berdasarkan catatan Polda Jabar hingga Rabu (21/9/2016) malam, pukul 20.00 WIB, jumlah korban jiwa terus bertambah.

“Korban meninggal dunia 23 orang, luka berat 4 orang dan luka ringan 27 orang,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus.

Sekitar 1.000 jiwa mengungsi di Korem 062 Tarumanegara, Kodim 0611 Garut, dan beberapa pos pengungsian lain. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …