Jumat , Maret 29 2024
Home / Nasional / Kunjungi Taman Nasional Gunung Leuser, Leonardo DiCaprio Peduli Habitat Satwa Liar

Kunjungi Taman Nasional Gunung Leuser, Leonardo DiCaprio Peduli Habitat Satwa Liar

BP_Jakarta——-Kisah ini bukan kisah Richard (Leonardo DiCaprio) seorang backpacker muda asal Amerika yang pergi ke Thailand untuk mencari petualangan yang mungkin membebaskannya dari normalitas dalam judul film yang dibintanginya pada tahun 2000 silam.

Aktor kelahiran 1974 ini belum lama membawa pulang piala untuk kategori Best Performance by an Actor in a Leading Role. Berita baiknya bahwa belum lama ini juga Leo mengunjungi Aceh.

Leonardo DiCaprio bukan ke sini untuk syuting, melainkan mengunjungi Kawasan Ekosistem Leuser di Aceh. Tempat terakhir di mana harimau, orangutan, gajah, badak hidup berdampingan di alam liar. Tempat dimana jutaan orang menggantungkan kebutuhan air bersihnya.

Sama seperti banyak orang Aceh dan Indonesia, Leo khawatir kawasan ini rusak karena ancaman ekpansi besar-besaran perkebunan kelapa sawit, tambang, pembalakan liar, dan pembangunan jalan yang mem-fragmentasi hutan yang berharga ini.

Sayangnya, bukannya melindungi, Pemerintah Aceh malah melucuti perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser dengan menghapusnya dari daftar Kawasan Strategis Nasional dengan fungsi lindung dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Aceh. Jadi nggak terlindungi dan bisa dengan mudah dirusak oleh berbagai oknum.

Leo mengajak semua pihak menandatangani petisi dan ikut menyelamatkan kawasan ekosistem Leuser tersebut. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …