Minggu , Januari 23 2022
Home / Jabodetabek / Gubernur Anies Tegaskan Warga Jakarta Harus Jadi Tuan Rumah di Kotanya Sendiri

Gubernur Anies Tegaskan Warga Jakarta Harus Jadi Tuan Rumah di Kotanya Sendiri

BP, Jakarta — Anies Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara pada Senin (16/10/2017) pukul 16.01 WIB.

Dalam pelantikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies dan Sandi mengikuti pembacaan sumpah jabatan yang dibacakan oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan saya Wakil Gubernur sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI, Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat Nusa dan bangsa,” kata Anies dan Sandi mengikuti kata-kata Presiden.

Setelah dilantik, Anies dan Sandi menuju Balai Kota di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pengambilan kebijakan di DKI Jakarta harus didasarkan pada kepentingan publik. Misalnya dalam pengelolaan tanah, air, teluk, dan pulau, itu tidak boleh diletakkan atas dasar kepentingan individu.

“Pengelolaan itu semua tidak boleh untuk satu golongan, tidak boleh untuk kepentingan perhimpunan, tidak boleh untuk kepentingan satu korporasi tapi untuk kepentingan warga Jakarta semua. Jakarta untuk semua. Inilah semangat pembangunan yagg sama-sama kita letakan di Jakarta,” kata Anies di hadapan ratusan warga DKI di Balai Kota, Senin (16/10/2017).

“Gubernur bukan sekadar administrator bagi warganya, namun kami ingin lebih dari itu kami ingin berkolaborasi dengan warga Jakarta sebagai perancang pembangunan,” pidato Anies.

“Warga Jakarta, juga harus menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Anies pun mengutip pepatah madura bahwa itik yang bertelor, ayam, yang mengerami. “Kini saatnya kita jadi tuan rumah di negeri sendiri. Jangan sampai Jakarta ini seperti yang dituliskan pepatah Madura, ‘Itik seatelor ayam sengeremi, itik yang bertelor, ayam yang mengerami’. Kita yang bekerja keras, kita semua harus merasakan manfaat kemerdekaan di ibu kota ini,” tegas Anies.

(RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Menhan Beri Kuliah Umum di Tana Toraja

BP, Tana Toraja — Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tana …