Kamis , April 18 2024
Home / Jabodetabek / Beda Jurusan Pendidikan Tetap Semangat Peringati Hari Bumi

Beda Jurusan Pendidikan Tetap Semangat Peringati Hari Bumi

BP_Jakarta——-Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 22 April 2016, Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (IMAPALA) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta menyelenggarakan Seminar dan Workshop bertajuk “Pelatihan dan Pengamatan Biodiversitas Hutan Kota” di Hutan Kota Cijantung dan Hutan Kota Dukuh, Jakarta Timur pada 29-30 April 2016.
Bertindak sebagai sebagai narasumber pada acara ini ialah Agus P. Dharma, S.Pd, M.Si, Ahmad Baihaqi dari Biodiversity Warriors, dan Fadlik Al Iman dari Klub Indonesia Hijau.
“Sebelum melakukan pengamatan di Hutan Kota, para peserta diberikan pembekalan mengenai kajian biodiversitas, teknik mengamati satwa liar dan motivasi pelestarian lingkungan”. Ujar Aditya Ramadhan selaku ketua pelaksana kegiatan.
Adit panggilan akrab Aditya Ramadhan menuturkan “Satwa liar yang biasa dijumpai di sekitar kita kian tersingkir seiring dengan pembangunan-pembangunan yang terjadi di Jakarta. Dengan demikian, pengamatan ini bertujuan untuk memantau satwa liar yang tersisa di Ibu Kota”.
Puluhan peserta yang berpartisipasi, dibagi menjadi kelompok kecil dan menelusuri seluruh jalur yang ada di Hutan Kota Cijantung. Uniknya peserta hadir dari latar belakang pendidikan yang berbeda, seperti ekonomi, gizi, bahasa inggris, dan teknik namun tidak mengurangi semangat dan antusiasme dalam mengikuti kegiatan ini.
Pengamatan dilakukan selama dua hari, yaitu hari sabtu dilakukan di Hutan Kota Cijantung pada pukul 14.00-17.00 WIB dan hari minggu di Hutan Kota Dukuh pukul 08.00-10.00 WIB.
“Kegiatan ini sangat menarik dan menambah pengalaman baru, ternyata melakukan observasi langsung di lapangan sangat menyenangkan”. Ungkap Rizky Hijriati salah satu peserta yang terlibat dalam pengamatan keanekaragaman hayati. “Kebetulan di sekitar rumah saya ada kebun, saya akan coba melakukan pengamatan burung disana”. Tambah Rizky.
Selain lakukan pengamatan biodiversitas di Hutan Kota, dilakukan juga pembagian dan penanaman bibit pohon, kreasi kaos tie dye dan bersepeda keliling kampus sekaligus mengkampanyekan pengurangan gas emisi karbon.
Memaknai Hari Bumi memang harus dilakukan setiap hari. Dimulai dari mengenal keanekaragaman hayati lalu melestarikannya akan menjadikan generasi selanjutnya masih bisa menikmati keindahan alam ini. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …