Sabtu , April 20 2024
Home / Nasional / Aksi Aliansi Buruh Bali Bersatu Dan AJI

Aksi Aliansi Buruh Bali Bersatu Dan AJI

BP_Bali——-Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bali Bersatu menggelar aksi demonstrasi pada peringatan hari buruh May Day pada Minggu (1/5/2016).

Selain komponen buruh aksi ini juga diikuti oleh jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Denpasar. Kegiatan ini dipusatkan di sisi timur monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar.

“PHK sepihak masih terjadi di mana-mana, Pemerintah masih tutup mata terhadap nasib kaum buruh.” Seru Darsana. Sementara itu Ketua AJI Denpasar Hary Puspita dalam kesempatannya menegaskan posisi jurnalis juga sebagai buruh. Buruh sering tidak diperlakukan sebagaimana layaknya pekerja profesional.

Aksi dimulai pukul 07.00 Wita. Setelah berkumpul buruh dan jurnalis ini melakuan aksi longmarch mengelilingi areal lapangan puputan di bawah pengawalan ketat aparat kepolisian. Aksi ini spontan mendapat perhatian masyarakat karena bertepatan dengan Car Free Day yang digelar setiap hari minggu pagi.

Usai longmarch aksi dilanjutkan dengan orasi dari perwakilan buruh. Kordinator Aliansi Buruh Bali Bersatu Dewa Rai Budi Darsana dalam kesempatannya menyampaikan sejumlah tuntutan buruh. Antara lain penerapan upah minimum sektoran provinsi dan upah minimum sektoral kabupaten, penolakan terhadap upah murah, hapuskan sistem kerja kontrak, hapuskan sistem outsourching dan tolak PHK sepihak. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …