Senin , Mei 17 2021
Home / Kuliner / ANGKRINGAN DAN KOPI JOSS
ANGKRINGAN DAN KOPI JOSS
ANGKRINGAN DAN KOPI JOSS

ANGKRINGAN DAN KOPI JOSS

BP_Jogjakarta——Jika anda berkunjung ke kota Gudeg maka kuliner yang perlu dicicipi lagi adalah Angkringan. Tiap sudut kota Yogyakarta tak sempurna rasanya jika pada trotoar berdiri angkringan di malam hari.

Angkringan menjadi kian ramai karena ada menu baru Kopi Joss yang di dalamnya terdapat arang membara yang tiba-tiba dimasukan ke dalam kopi. Kopi Joss mantap menjadi pengiring kudapan khas angkringan lainnya seperti sego sambel welut, nasi bakar, tempe bacem dan lain-lain. Sensasi lainnya ialah kepulan uap dan bunyi khas saat bara masuk kopi.

Yarhan lelaki asli Karimunjawa yang lama tinggal di Yogya mencari angkringan karena murah, bahkan sekarang dirasa sama.

Angkringan sendiri menyesuaikan sesuai kebutuhan, sekarang banyak orang yang pergi ke angkringan padahal bentuknya lesehan. “Idealnya angkringan ada pembeli yang duduk nangkring, ada tiga ceret di gerobak dengan arang kayu di kompor tanah, lampunya pun lampu senthir serta aneka jeroan, gorengan serta minuman khas seperti teh, jeruk dan jahe.” Ujar Danang Bogel seorang penjual angkringan.

Angkringan yang menjadi ciri khas Yogya banyak ditiru hingga ke Kalimantan dan Sumatera.

Yarhan dan Danang tidak khawatir angkringan terancam eksistensinya meski makanan multinasional perlahan masuk menyelusup. Mereka bangga angkringan berjaya dan menjadi magnet wisatawan untuk datang ke Yogya. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Cicipi Kuatnya Karakter Kopi Lanang Di Moro Melek

BP, Jakarta — Bagi pecinta kopi, teknik pengolahan minuman ini ternyata mempengaruhi cita rasa. Di …