Rabu , Oktober 21 2020
Home / Jabodetabek / Ahmad Baihaqi Menangkan Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi dan Juara 5 Tingkat Nasional Tahun 2016

Ahmad Baihaqi Menangkan Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi dan Juara 5 Tingkat Nasional Tahun 2016

BP_Jakarta——-Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan aparat pemerintah dalam pembangunan kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia setiap tahun menyelenggarakan Lomba Wana Lestari. Lomba ini merupakan salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat serta dilakukan secara berjenjang dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Selanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta peran aktif masyarakat dalam upaya kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat.
Kategori yang dilombakan pada Lomba Wana Lestari adalah kategori Penyuluh Kehutanan, Kelompok Tani Hutan (KTH), dan Kelompok Pecinta Alam (KPA), Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Kader Konservasi Alam (KKA), Apresiasi Polisi Hutan, serta penghargaan kepada para pihak yang bergerak aktif di bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, berawal dari mengikuti seleksi tingkat provinsi DKI Jakarta kategori Kader Konservasi Alam, Ahmad Baihaqi berhasil menjadi pemenang lomba Wana Lestari tingkat provinsi dengan mengungguli lebih dari 1.000 kader konservasi alam yang tercatat di Balai Konservasi Sumber Daya Alam provinsi DKI Jakarta dan berhasil lolos untuk mengikuti seleksi lomba Wana Lestari tingkat Nasional.
Setelah dilakukan verifikasi peserta terbaik dari provinsi oleh tim dari pusat, dilakukan penilaian untuk menentukan enam besar pemenang dari masing-masing kategori. Pada tahun 2016 ini, pelaksanaan Temu Karya Pemenang Wana Lestari sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya peserta yang masuk tiga besar saja yang diundang untuk mengikuti temu karya tersebut.

Ahmad Baihaqi mengungkapkan kegiatan yang dilakukan selama ini di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di DKI Jakarta sebagai upaya mengajak masyarakat lebih mengenal keanekaragaman hayati yang masih tersisa di Jakarta. Selain itu, keberadaan RTH selain sebagai estetika kota, juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat. Dengan mengkampenyakan RTH DKI Jakarta sebagai sarana pendidikan, berhasil mengantarkan Abay, panggilan akrab Ahmad Baihaqi menjadi pemenang lomba Wana Lestari Tingkat provinsi dan juara 5 tingkat Nasional
Ahmad Baihaqi merupakan lulusan Fakultas Biologi Universitas Nasional pada tahun 2015 dan sekarang melanjutkan studinya sebagai mahasiswa Sekolah Pascasarjana Program Studi Biologi Universitas Nasional. Aktif pada berbagai komunitas penggiat lingkungan, seperti Biodiversity Warriors, Transformasi Hijau, Indonesia Wildlife Photography dan Biological Bird Club “Ardea” Fakultas Biologi Universitas Nasional. (RWN)

The following two tabs change content below.

admin

About admin

Check Also

LMK Petamburan Perjuangkan Solusi Keluhan Air Bersih Warga

BP , Jakarta — Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK) dan Pengurus RW.08 Kelurahan Petamburan Tanah Abang, …