Kamis , Desember 9 2021
Home / Nasional / Peran Pemuda Atasi Perubahan Iklim Dibahas Dalam ICCEFE 2016

Peran Pemuda Atasi Perubahan Iklim Dibahas Dalam ICCEFE 2016

BP_Jakarta——-Indonesia Climate Change Education Forum And Expo (ICCEFE) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta berlangsung pada tanggal 14-17 April 2016. Indonesia Climate Change Forum And Expo 2016 ini merupakan forum dan pameran perubahan iklim pertama dan terbesar di Indonesia. Acara ini menjadi sarana promosi kemajuan aksi perubahan iklim di Indonesia dari seluruh pemangku kepentingan dalam solusi perubahan iklim dari berbagai sektor menuju pembangunan rendah emisi karbon. Aksi inovatif tersebut meliputi kegiatan efisiensi energi, energi terbarukan, edukasi perubahan iklim, infrastruktur hijau, Green City, transportasi dan industri ramah lingkungan, inovasi teknologi, investasi dan pasar karbon serta green business.

Peran pemuda dalam menjaga kualitas lingkungan hidup juga menjadi salah satu objek talkshow di ICCEFE 2016. Pada Jum’at, 15 April 2016, ‘Peran Generasi Muda Terhadap Perubahan Iklim’ menjadi tema talkshow yang diisi oleh Ahmad Baihaqi atau Abay dari Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI. Abay menjelaskan bahwa para generasi muda harus turut berpartisipasi mendata keragaman hayati yang tersisa di Jakarta akibat perubahan iklim. Abay juga mengajak generasi muda agar menanam pohon. Abay juga menjelaskan pohon-pohon buah dan bunga yang banyak tumbuh di ibukota seperti pohon kersen atau ceri, jambu, rambutan, dadap, kembang sepatu dan lain sebagainya dapat menjadi tempat dan penunjang hidup satwa liar. Biodiversity Warriors merupakan gerakan anak muda yang beraktivitas mengamati satwa liar. Tak hanya pengamatan satwa, mereka juga melakukan penanaman pohon atau penghijauan.

“Nasib keanekaragaman hayati ada di tangan kita terlebih generasi muda. Ancaman perubahan iklim merupakan ancaman terbesar bagi keberlangsungan hidup keanekaragaman hayati. Contoh konkrit yang bisa dilakukan yaitu menanam pohon di pekarangan rumah.” tutup Abay.

ICCEFE merupakan gelaran acara Kemeterian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia bekerjasama dengan Utusan Khusus Presiden Untuk Pengendalian Perubahan Iklim. (RWN. Foto: Hilda Silvia)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Menhan Beri Kuliah Umum di Tana Toraja

BP, Tana Toraja — Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tana …