Rabu , April 24 2024
Home / Nasional / Pendaki Tanpa Izin Jadi Korban

Pendaki Tanpa Izin Jadi Korban

BP_Bogor——-Belum lama beredar kabar Edward (20), pendaki yang merupakan Mahasiswa di Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta, meninggal dunia saat mendaki kawasan Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/12/2016). Edward yang mendaki bersama 16 rekannya diduga tewas akibat mengalami hipotermia.

Menurut Relawan Gede Pangrango, tidak sedikit orang yang melawan aturan, mendaki secara ilegal. Jalur Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) ditutup. Namun banyak yang ceroboh, melawan alam.
“Kini ada berita baru beredar, satu korban lagi melayang. Berdasarkan data Simaksi (surat ijin masuk kawasan konservasi) korban tidak terdata, bisa dipastikan korban masuk secara ilegal,” kata Yusri salah seorang Relawan Gede Pangrango.

Miaw Nam Hartono (35) ditemukan tewas di Lembah Gunung Gede Pangrango kawasan TNGGP, Cibodas, Kabupaten Cianjur, Sabtu (31/12/2016).

Berdasarkan indentitas yang temukan, Hartono diketahui beralamat di Jakarta dan ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB. Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Yusri Yunus dalam keterangannya menuturkan, keberadaan Hartono diketahui setelah dilaporkan hilang oleh keluarganya Olievera, warga Kemayoran, Jakarta.

“Hartono dilaporkan menghilang sejak Senin (26/12/2016). Berdasarkan keterangan saksi, ia meninggalkan rumah menuju kawasan TNGPP Cibodas dengan menggunakan sepeda motor matik B 3744 UJJ,” kata Yusri, Sabtu (31/12).

Setelah pelaporan, diketahui sepeda motor milik Hartono dititipkan di sebuah warung area resort. Selanjutnya, polisi bersama tim SAR membentuk tiga tim untuk menelusuri kawasan TNGPP.

“Satu di antara tim menelusuri kawah Gunung Gede Pangrango dan mendapati Hartono berada di dalam lembah dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl),” tutur Yusri.

Jenazah ditemukan 50 meter dari jalur normal pendakian dalam posisi telungkup. Di lokasi ditemukan jenazah, tim menemukan barang milik pribadi seperti tas, celana, handuk, dan tenda.

Untuk dugaan penyebab kematian masih dalam penyelidikan. Semenjak berita diturunkan jenazah sudah berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …