Rabu , Oktober 21 2020
Home / Nasional / Penanganan Bencana Longsor Tim SAR Posko Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penanganan Bencana Longsor Tim SAR Posko Universitas Muhammadiyah Purworejo

Bp_Purworejo——-Hujan lebat yang turun sejak Sabtu (18/6/2016) siang hingga malam hari telah menyebabkan bencana banjir dan longsor yang luas di 16 kabupaten/kota di Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo, Jawa Tengah.

Tim dari Mapala Stacia UMJ, Fauzan, Thabrani, Popo Dan Noval yang tergabung dalam SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Se-Indonesia) melaporkan langsung kejadian dari lapangan.

Tim SAR telah banyak dikerahkan dari berbagai elemen, mulai  dari pemerintah, BASARNAS, BNPB, BPBD serta dari Mahasiswa Pecinta Alam yang tegabung dalam SEKBER PPA DIY. Mapala STACIA Universitas Muhammadiyah Jakarta sendiri berposko di Mapala MAPASURI Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pergerakan tim terbagi dari 5 desa yang terkena dampak bencana yakni, Desa Butuh, Caok, Donorati, Jelok dan Sidomulyo. Tim terfokus di Desa Sidomulyo dengan data 9 rumah hancur dengan tanah, 12 rusak berat dan 5 rusak ringan. Sementara dikabarkan korban meninggal ada 4 orang yang sudah dievakuasi dan dimakamkan.

Menurut Mas Jembar sebagai salah satu perwakilan tim potensi menuturkan bahwa Di Desa Sidomulyo saat ini masih membutuhkan bantuan sarana infrastruktur aliran air bersih, obat-obatan, bantuan perlengkapan tidur dan alat pendidikan, karena saat ini Di Desa Sidomulyo masih sedikit bantuan yang diterima.

Selain itu, perlu dilakukan penelitian mengenai mitigasi pergerakan tanah di daerah rawan longsor untuk memberikan kesadaran masyarakat mengenai daerah mereka yang sebenarnya sangat rawan untuk dijadikan sebagai permukiman penduduk.

“Untuk operasi pencarian korban hilang di Desa Donorati dihentikan dengan berbagai macam pertimbangan yang ada. Dengan kondisi 2 korban masih hilang. Namun untuk di Desa Sidomulyo sekarang dilakukan briefing seperti apa tindak lanjutnya,” tutup Fauzan. (FAI. Foto: Fauzan Stacia UMJ)

The following two tabs change content below.

admin

About admin

Check Also

Pejuang Hak Agraria Itu Telah Berpulang

BP, Batang — Telah meninggal dunia pada Senin sore (25 Mei 2020) di Rumah Sakit …