Jumat , April 19 2024
Home / Jabodetabek / ODMK Mengamuk, Petugas P3S Lakukan Penyelamatan

ODMK Mengamuk, Petugas P3S Lakukan Penyelamatan

BP, Jakarta — Pagi yang cerah di hari Jumat (2/6/2017) di Jalan Karet Pasar Baru Barat II, Karet Tengsin, Jakarta Pusat sedikit terusik. Warga RT 1/5 terganggu dengan keberadaan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) yang berkeliaran dan membuat warga takut, karena ODMK itu membawa batu sambil marah-marah di jalan pemukiman warga.

Menghadapi situasi tersebut bidang keamanan pengurus RW O5 Karet Tengsin menghubungi petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Pusat. Petugas segera meluncur ke lokasi dan mengamankan ODMK tersebut. Lima personil petugas P3S dipimpin Komandan Regu lalu melakukan tindakan penyelamatan. Tanpa perlawanan ODMK yang semula mengamuk nampak tenang digiring menuju mobil Tim Reaksi Cepat Sudinsos Jakarta Pusat. “ODMK kita selamatkan untuk dibawa ke panti,” jelas Yusuf Rachman, Komandan Regu Petugas P3S Jakarta Pusat yang saat itu melakukan pengamanan.

Petugas P3S mempunyai tugas yang tidak terbilang ringan. Mereka menangani para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) mulai dari anak jalanan, Orang Dalam Masalah Kejiwaan (ODMK) hingga preman. Resiko dalam pekerjaan petugas P3S cukup tinggi, tak jarang mereka menghadapi makian, ludahan, cakaran hingga serangan senjata tajam dari PMKS yang diamankan. Dengan seragam yang tampak rapi dan gagah sudah selayaknya pemerintah memberi tambahan peralatan pengamanan bagi petugas P3S menjalani pekerjaan mereka dengan resikonya. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Bangkitkan Semangat Anak Terdampak Kebakaran Simprug

BP, Jakarta — Matahari tertutup awan tebal, usai azan ashar belum ada tanda-tanda anak-anak bermain …