Jumat , April 19 2024
Home / Perguruan Tinggi / MUSIMAN Art Performance Jelang “Pancaroba”

MUSIMAN Art Performance Jelang “Pancaroba”

BP_Jakarta——-Kamis, 1 Oktober 2015 Rewind Art Community menggelar Senam Sore bertajuk “MUSIMAN” mengundang beberapa seniman khususnya alumni dan mahasiswa aktif di Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta, ini adalah salah satu rangkaian acara yang diselanggarakan menuju acara besar REWIND ART #14 PANCAROBA pada 19 sampai 20 November 2015. Acara ini akan diisi dengan Festival Performance Art yang mengundang beberapa seniman se-Indonesia, diskusi bertemakan “Aksi Performance Art dalam Pendidikan Seni Rupa”, menampilkan video open submission performance dari beberapa seniman nasional dan internasional .

“Hari ini dalam acara Senam Sore bertajuk MUSIMAN yang kami gelar di Teater Terbuka Kampus A Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ada beberapa seniman yang melakukan performance diantaranya Safirul Islami, Ridwan Rau Rau, Galang, Angga, Boank Johart, Sunu, Bhakti, dan masih banyak lagi. Acara ini digelar sebagai pemanasan bisa dibilang, untuk Road to Pancaroba yaitu acara Rewind Art yang digelar ke 14 kalinya dengan tema yang berbeda,” Ungkap Arfie sebagai kordinator acara senam sore.

Memang pergerakan Rewind Art Community yang notabene adalah mahasiswa Seni Rupa UNJ yang dulu adalah IKIP Jakarta sudah lama, sering ikut berpartisipasi dalam berbagai acara Performance Art, mengisi sebuah kegiatan, melakukan performance yang sifatnya insidental baik di dalam dan di luar kampus. Selain aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan seni, Rewind Art Community aktif dalam menggelar acara festival performance. Tahun lalu menggelar Rewind Art #13 yang bertajuk Performart dan tahun ini akan menggelar Rewind Art #14 dengan tema Pancaroba.

“Dari isu Pancaroba yang terjadi belakangan ini di lingkungan sekitar, memicu kami dari komunitas Rewind Art untuk melakukan aksi sebagai bentuk perhatian dalam menyinggung isu pancaroba itu sendiri ke dalam tema acara tahunan yang akan kami selenggarakan dengan tajuk Rewind Art #14 “PANCAROBA”. Dalam acara Rewind Art #14 yang akan diselenggarakan ini, diharapkan dapat mengedukasi setiap pihak terutama apresiator untuk tetap sensitif terhadap isu-isu yang sedang terjadi saat ini, menyadarkan publik akan pentingnya menjaga alam untuk tetap dalam kondisi yang baik, mengajak berbagai kalangan artist atau partisipan dari setiap institusi untuk berpartisipasi dalam acara Performance Art yang diselenggarakan, juga bermanfaat bagi penyelenggara dalam memperluas jaringan dan hubungan terhadap berbagai institusi – institusi seni lainnya dalam setiap penyelenggaran acara seni.yang dapat diterima oleh masyarakat luas “ Jelas Angga Rekhsh mahasiswa aktid Fakultas Pendidikan Seni Rupa UNJ angkatan 2014 sebagai Ketua Pelaksana Rewindart#14 Pancaroba saat diwawancara dalam acara Senam Sore di Teater Terbuka kampus A UNJ.

“ Melihat kondisi cuaca yang dialami di lingkungan sekitar saat ini, dapat dikatakan bahwa belakangan ini Indonesia berada pada kondisi cuaca yang terbilang ekstrem ditandai dengan perubahan musim yang tidak menentu atau yang biasa dikatakan dengan istilah Pancaroba. Pancaroba juga menjadi kondisi yang dimana akan berdampak langsung dengan sosial, ekonomi, politik, geografis, biologis, dan sistem kehidupan lainnya pada suatu daerah. Kondisi fisik alam jelas akan merepotkan seluruh siklus kehidupan makhluk hidup. Dalam hal ini seniman sebagai salah satu elemen masyarakat yang pergerakan dalam berkeseniannya akan terintervensi dengan isu atau keadaan yang terjadi disekitar, dapat menanggapi dan mendeskripsikan isu yang sedang terjadi tersebut dalam bentuk karya performance art.” Ungkap Nurul Komala didampingi oleh Muhammad Ichsan yang akrab dipanggil Uban salah satu anggota komunitas Rewind Art. (Adi Priyatna)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …