Selasa , April 23 2024
Home / Nasional / KH. Mas Subadar. Dalam Ilmu Dan Halus Tutur Kata.

KH. Mas Subadar. Dalam Ilmu Dan Halus Tutur Kata.

BP_Pasuruan——-Pada tahun 1942 di Desa Besuk, Kejayan, Pasuruan lahir seorang bayi laki-laki. Bayi itu adalah putra seorang ulama bernama KH. Subadar. Ketika bayi tersebut berusia 3 bulan, sang ayah meninggal dunia. Ia tumbuh sebagai pribadi yang mandiri di bawah asuhan ibunda Hajah Maimunah.

Itulah sepenggal kisah masa lalu KH. Mas Subadar. Ia dikenal sebagai ulama yang dalam ilmunya, halus tutur kata, argumentatif dan memahami situasi kekinian yang dihadapi masyarakat. Hal ini membuat masyarakat di kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur antusias menggali ilmu dari ceramah dan kajian beliau.

Namun, pada 30 Juli 2016, KH. Mas Subadar meninggal dunia. Warga Nahdhiyin kehilangan salah satu pelita ilmu mereka. Malam Ahad itu Sang Kyai meninggal dunia sekitar pukul 19.41.

“Kyai Subadar adalah andalan PWNU Jatim untuk urusan bahtsul masail. Semoga penggantinya sama-sama mumpuni,” ujar Ir. H. Muhammad Romahurmuzy, MT Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengungkapkan kesannya terhadap KH. Mas Subadar.

KH. Mas Subadar merupakan salah satu Rais Syuriah PBNU. Beliau juga merupakan Wakil Ketua Majelis Syariah DPP PPP. Hingga akhir hayatnya, beliau membina Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Besuk, Pasuruan, Jawa Timur. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …