Rabu , April 24 2024
Home / Perguruan Tinggi / Indonesia Art (Miss) Take, Mengenalkan Kembali Kebudayaan Yang Terlupakan

Indonesia Art (Miss) Take, Mengenalkan Kembali Kebudayaan Yang Terlupakan

BP_Jakarta——-Unit Kesenian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar pameran bertajuk INDONESIA ART ( MISS ) – TAKE, pameran digelar di Gedung R.A. Kartini dan Gedung Dewi Sartika UNJ yang berlangsung dari tanggal 14 – 17 September 2015. Pameran ini dikuratori oleh Sentyaki Satya Putra menghadirkan karya mahasiswa dari berbagai jurusan dan alumni. Pameran dibuka pada Senin, 14 September 2015 diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Kholviyatul Karimah, Ketua Umum UKM UNJ Riandy Heryanda, Dosen Pembimbing UKM UNJ Rien Safrina, dan PD III UNJ Dra. Sri Suhita, M.Pd, lalu dibuka secara simbolik dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Pelaksana Kholviyatul Karimah, dan pertunjukan tari tradisional oleh Seni Tari UNJ, performing art oleh Rewind Art SR UNJ dan UKM.
“Pameran dengan tema INDONESIA ART ( MISS ) – TAKE, merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh UKM UNJ dengan tema yang berbeda, pameran ini untuk mewadahi seniman UNJ dalam mengapresiasi Seni Budaya. Acara sebelumnya Dialog Hati di Meseum Bank Mandiri, Kota Tua Jakarta dan UNJ Art Festival,” Ungkap Riandy Heryanda Ketua Umum UKM UNJ.
Mahasiswa sangat mengapresiasi pameran yang digelar bertajuk budaya ini, karena karya yang dipamerkan beragam yaitu berupa seni rupa murni diantaranya lukis, patung, cukil kayu, cukil lino, stencil, dan lain-lain. “INDONESIA ART ( MISS ) – TAKE merupakan sebuah pameran seni yang menampilkan konsep gambaran budaya Indonesia yang telah hilang, yang menampilkan berbagai karya seni rupa murni dari 36 pameris diantaranya mahasiswa dari berbagai jurusan, UKM dan alumni. Nanti hari Selasa dan Rabu ada permainan enggrang, congklak, bola bekel dan batu dampu. Penutupannya tanggal 17 September ada pertunjukan Gambang Kromong dari UKM, paduan suara serta pemberian sertifikat serta pengumuman karya terbaik,” Penjelasan dari Ketua Pelaksana Kholviyatul Karimah yang lebih akrab dengan panggilan Vivi.
” Harapan saya untuk pameran Mahasiswa seperti ini, harus lebih ditingkatkan khususnya untuk mahasiswa seni karna sebagai kecintaan terhadap seni dan budaya sebagai upaya untuk melestarikan, serta memperkenalkan seni dan budaya Indonesia khususnya ke masyarakat ” Ungkap Ibu Sri Suhita PD III UNJ saat diwawancara sambil melihat-lihat karya yang dipamerkan.
(Adi Priyatna)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …