Jumat , April 26 2024
Home / Nasional / Desa Karanganyar Desa Yang Aktif Dan Produktif

Desa Karanganyar Desa Yang Aktif Dan Produktif

BP_Cirebon——-Mungkin kata ‘desa’ hanya dipandang sebelah mata oleh pemerintah. Pembangunan yang masih sentralistik membuat desa belum bisa berkembang. Tapi tidak dengan Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Desa Karanganyar jauh dari perkotaan, tetapi potensinya tidak jauh beda dengan masyarakat kota. Desa ini memiliki potensi yang sangat banyak, diantaranya pertanian, peternakan, pembuatan telur asin dan olahan telur ikan, home industri serta mengelola rongsokan (daur ulang sampah).

Hampir 90% masyarakatnya mempunyai pekerjaan. Ini membuktikan bahwa untuk mendapatkan pekerjaan tidak harus jauh-jauh pergi ke ibu kota. Angka pengangguran di desa ini sangat sedikit sekali. Negara yang hebat itu tidak hanya merdeka dari penjajah, tapi merdeka atas angka pengangguran dan kemiskinan.

Badan Penyuluhan Pertanian dari Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa Desa Karanganyar ini adalah salah satu desa yang ketahanan pangannya harus dipertahankan.

Dalam hal dunia pendidikan di desa Karanganyar ini sudah maju. Banyak lulusan sarjana mulai dari S1 sampai S2 dan tidak sedikit yang berprofesi sebagai guru. Nilai religius dan semangat gotong royong antar masyarakatnya sangat tinggi. Akan tetapi untuk pembangunan infrastuktur desa ini tidak sangat terlihat. Salah satu contohnya adalah akses jalan yang masih rusak.

“Saya mohon kepada pemerintah daerah setempat agar dipantau atau diperhatikan desa ini serta diberdayakan masyarakatnya supaya lebih maju lagi, sehingga masyarakat luas bisa memandang bahwa Desa Karanganyar ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat luar biasa,” ujar Yudi Aryanto aktivis PMII yang merupakan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (Sumar Adi Wijaya)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …