Kamis , Oktober 29 2020
Home / Nasional / Berlari Untuk Selamatkan Badak Indonesia

Berlari Untuk Selamatkan Badak Indonesia

Foto: Widodo S Ramono, Direktur Eksekutif Yayasan Badak Indonesia (YABI) (tengah) bersama Andrean (kiri) dan Adin (kanan) dari Sapta Pala.

BP, Jakarta — Hari Badak Dunia atau World Rhino Day diperingati setiap tanggal 22 September. Pada hari Ahad (24/09/2017), Yayasan Badak Indonesia (YABI) bersama tim pelestari badak lainnya mengadakan kegiatan “Berlari Untuk Badak” dalam rangka merayakan Hari Badak Sedunia 2017 yang diadakan di area Car Free Day Jakarta. Tidak hanya “Berlari Untuk Badak” saja, terdapat juga kegiatan lainnya seperti seminar/diskusi yang diselenggarakan di America Pasific Place Jakarta (22/09/2017), serta aksi long march di Car Free Day Tugu Adipura, Lampung (24/09/2017).

Nuke dari Yayasan Badak Indonesia (YABI) menjelaskan, “Dengan berlari ini kami mengajak masyarakat untuk hidup sehat agar dapat berperan aktif menjaga lingkungan hidup serta menunjukan kepada masyarakat luas bahwa Indonesia memiliki warisan dunia yaitu Badak Jawa dan Badak Sumatera yang harus djaga dan dilestarikan,” jelas Nuke.

Badak Sumatera dan Badak Jawa merupakan dua dari lima spesies Badak hampir punah menurut lembaga konservasi dunia (IUCN). Saat ini jumlah Badak Sumatera hanya tersisa kurang dari 100 individu dan Badak Jawa hanya 67 individu di dunia.

Perburuan liar satwa dilindungi seperti Badak ini sangat mengkhawatirkan karena dapat mengurangi populasi  yang sudah kritis dan hampir punah. Masyarakat memegang peran penting dalam menekan tingginya kasus perburuan dan perdagangan satwa liar. Oleh karena itu selain upaya pencegahan dengan cara meningkatkan perlindungan kawasan, penting juga dilakukan penyadartahuan kepada masyarakat.

“Upaya serius dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, perlu dilakukan untuk meningkatkan populasi dan mencegah terjadi kepunahan badak di Indonesia karena badak memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem hutan,” tutup Nuke.

(Sumar Adi Wijaya)

The following two tabs change content below.

admin

About admin

Check Also

Pejuang Hak Agraria Itu Telah Berpulang

BP, Batang — Telah meninggal dunia pada Senin sore (25 Mei 2020) di Rumah Sakit …