Sabtu , April 27 2024
Home / Nasional / Adie Sasono. Sang Pejuang Ekonomi Rakyat Kecil

Adie Sasono. Sang Pejuang Ekonomi Rakyat Kecil

BP_Jakarta——-Indonesia kehilangan seorang tokoh yang berpihak pada rakyat kecil. Seorang tokoh yang serius memperhatikan pengembangan ekonomi rakyat kecil terutama di sektor usaha perdagangan dan pertanian. Adi Sasono secara gamblang melawan kebijakan rezim orde baru yang mengobral kredit pinjaman kepada konglomerat lalu macet di pelunasan, belum lagi yang dibawa kabur ke luar negeri. Adi membuka mata para pemangku kebijakan saat itu. Lebih baik mengucurkan bantuan permodalan kepada rakyat kecil sehingga pertumbuhan ekonomi lebih merata dan ternyata bantuan kepada pengusaha kecil malah lebih lancar pengembaliannya daripada para konglomerat.
Pada masa reformasi Presiden BJ Habibie mengangkat Adie sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Ketika menjabat sebagai Menkop Adie pernah berkunjung ke industri mebel seorang pengusaha. Kelak pengusaha tersebut menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta dan sampai akhirnya menjadi Presiden Republik Indonesia.

Adie Sasono meninggalkan kesan mendalam bagi Presiden Joko Widodo.
Usai menghadiri acara Hari Pramuka ke-55 dan Peresmian Pembukaan Jambore Nasional X Tahun 2016 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Ahad 14 Agustus 2016, Presiden Joko Widodo langsung melayat ke rumah duka Mantan Menteri Koperasi dan UKM Adi Sasono.

 

Sebagaimana dilansir dari siaran pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di rumah duka di Jalan Swakarya Bawah No 1, Jakarta Selatan, sekitar pukul 11.45 WIB. Kedatangan keduanya diterima langsung oleh istri almarhum, Mala Maria Adi Sasono.

Setelah berdoa di hadapan jenazah Adi Sasono, Presiden Jokowi menyempatkan diri mengikuti sholat jenazah yang dipimpin oleh tokoh pendidikan Arif Rahman.

Presiden Joko Widodo mengenang Adi Sasono sebagai seorang yang berjuang dengan gigih bagi kemajuan pertanian dan koperasi di Indonesia.

“Beliau adalah pejuang di bidang usaha kecil terutama di pertanian dan koperasi. Sampai terakhir beliau seperti itu,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden juga menyatakan sudah mengenal dirinya cukup lama. “Saya kenal beliau Adi Sasono waktu sejak usaha saya masih kecil. Pernah ke tempat usaha saya. Waktu menjabat walikota juga masih sambung. Apalagi saat saya jadi Gubernur juga sering ketemu,” imbuhnya.

Semasa hidupnya, Adi Sasono merupakan mantan Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan, juga dikenal sebagai tokoh LSM dan aktif di berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya. Selain itu, almarhum juga dikenal sebagai tokoh Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN).

Almarhum Adi Sasono meninggal dunia pada Sabtu 13 Agustus 2016 pukul 17.20 WIB, setelah menjalani perawatan di rumah sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Jenazah Adi Sasono dimakamkan Ahad, 14 Agustus 2016 di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …