Jumat , April 19 2024
Home / Jurnal Masyarakat / SARMMI Tugaskan Mapala UMSB Koordinator Lapangan Pasaman Barat

SARMMI Tugaskan Mapala UMSB Koordinator Lapangan Pasaman Barat

MAPALA Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) memberangkatkan 17 relawan garis depan ke lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat. Mereka adalah Reza Kurniawan, Hendra Fajar Quma’at, Defri Deta, Chaidir Ali, Zena Desvita Putri Nengsi, Hari Sabar, Muhammad Alim Saputra, Hasanul Lutfi, Aldi Sofyan, Amelia Putri Sultan, Candra Putra, Khori Al Ain, Maisri Yesa Putri, Perwira Erlangga, Wendy Melandry, Juni Lestari.

Mereka tampak bertugas di Desa Lubuak Panjang Jorong Kampung Alang Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat pada Rabu (2/3/2022).

Di Pasaman Barat 17 relawan MAPALA UMSB mendirikan Posko Pelayanan Kemanusiaan SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia (SARMMI). Posko ini berada di Desa Lubuak Panjang Jorong Kampung Alang Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

Bersama anggota timnya, MAPALA UMSB bahu membahu membangun posko sederhana agar bisa memberikan pelayanan kepada korban secara langsung.

Para relawan melakukan pemutakhirkan data, mendistribusikan bantuan kebutuhan dasar pengungsi, membuat tempat belajar darurat. Para relawan bersama warga Desa Lubuak Panjang Jorong Kampung Alang Nagari Kajai membangun posko pengungsian di ladang kelapa sawit. Berdasarkan pengalaman dan kearifan lokal disana, jika terjadi gempa atau banjir warga akan mengungsi ke ladang kelapa sawit yang aman.

“Kami sangat berduka terhadap derita korban gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat ini, apalagi tempat pengungsian memang ekstrim yaitu di kebun kelapa sawit, di tempat seperti ini juga masih banyak binatang berbisa salah satunya ular.” terang Amel.

Sementara itu dengan nada yang sama, Ketua Posko Kemanusiaan SARMMI Reza menyampaikan menyampaikan prinsip kerja relawan di posko yang dipimpinnya adalah memberikan rasa aman terhadap korban terdampak yang berada di pengungsian di sekitar lokasi Posko SARMMI.

“Memberikan rasa aman terhadap korban terdampak, adalah prioritas utama,” tegas Reza.

 

(Rinanto)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …