Sabtu , April 27 2024
Home / Nasional / Raksasa Antonov Angkut Sukhoi Ke Makassar

Raksasa Antonov Angkut Sukhoi Ke Makassar

BP, Jakarta — Pesawat Antonov 124-100M-150 International Cargo Transporter milik Rusia tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar pada siang hari sekira pukul 11.40 Wita, Kamis (3/8/2017). Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto,SE didampingi Komandan Wing Udara 5 Kolonel Pnb Dedy Ilham S. Salam, para Kepala Dinas dan Komandan Satuan menyaksikan secara  langsung kedatangan pesawat Antonov dari Rusia yang melaksanakan misi perawatan berat pesawat tempur Sukhoi yang ber home base di Skadron Udara 11 Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin.

Dua unit pesawat tempur Sukhoi yakni tail number TS 2701 dan TS 2702 yang telah selesai melaksanakan perawatan berat di negara asalnya Rusia. Bertepatan kedatangan 2 unit pesawat tempur Sukhoi yang kembali setelah melakukan pemeliharaan tingkat berat, Komandan Skatek 044 Letkol Tek Wahyu Adji Susanto segera mengerahkan para prajurit Skadron Teknik 044 sekaligus berkoordinasi dengan beberapa crew Antonov untuk melakukan persiapan hingga pesawat Sukhoi siap untuk diturunkan kembali ke hangar Skatek 044 untuk selanjutnya dilakukan perakitan hingga nantinya siap untuk dilakukan test flight.

Sebelum adanya An-225, Antonov An-124 adalah pesawat terbesar di dunia, mengalahkan C-5 Galaxy. An-124 dibuat berdasarkan pengalaman dalam pembuatan turboprop raksasa An-22 dengan beberapa pengembangan yang membuat An-124 lebih efektif.

An-124 dilengkapi dengan sebuah hidung tergantung-menghadap atas dan sebuah lerengan untuk kemampuan roll-on roll-off loading (pengangkutan). Sebagai tambahan, dua set roda hidung yang dapat direndahkan untuk merendahkan hidung dan memudahkan pengangkutan kargo. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …