Kamis , April 25 2024
Home / Internasional / Peringati Hari Pendudukan Ribuan Warga Israel Masuki Kompleks Al Aqsha

Peringati Hari Pendudukan Ribuan Warga Israel Masuki Kompleks Al Aqsha

BP_Yerusalem——-Ribuan warga Israel merayakan Hari Pendudukan tepat pada 5 Juni. Peringatan Hari Pendudukan atau biasa disebut juga Hari Yerusalem menimbulkan kekhawatiran terjadinya konflik, karena pawai perayaan akan memasuki wilayah Muslim di Kompleks Al-Aqsa menjelang awal Ramadhan.

Direktur Masjid Al-Aqsa Syekh Omar al-Kiswani mengatakan kepada Ma’an News, 208 pemukim yang merupakan kelompok sayap kanan Israel bersama ribuan warga Israel lainnya akan memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa melalui gerbang Maroko. Mereka masuk di bawah perlindungan polisi bersenjata berat dan pasukan khusus Israel. 

Warga Israel memulai tur mereka dari gerbang Maroko sebelum berpindah ke Masjid al-Qibli dan al-Mawarni di kompleks tersebut, lalu ke Bab al-Rahma. Beberapa warga sempat berusaha melakukan ritual keagamaan tetapi dicegah petugas.

Berdasarkan kesepakatan Israel dan Pemerintah Yordania 1967, pengunjung Yahudi diizinkan memasuki kompleks Masjid al-Aqsa. Namun, mereka dilarang melakukan ibadah di situs tersebut.

Al-Kiswani menegaskan, polisi Israel harus bertanggung jawab atas ketegangan di sekitar al-Aqsa menjelang dimulainya bulan suci Ramadhan. Ribuan polisi dan petugas keamanan Israel memang disiagakan untuk mengamankan pawai perayaan.

Juru bicara polisi Israel, Asi Aharoni, mengonfirmasi pengerahan pasukan dalam jumlah besar untuk mengamankan pawai.  Menurut Aharoni, ada sekitar 2.000 polisi yang dikerahkan. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Ketua PP Muhammadiyah: SAR Adalah Kegiatan Mulia

BP, Jakarta — Sudah sepantasnya kita sebagai bangsa Indonesia memberi prioritas kepada Timor Leste, karena …