Kamis , April 25 2024
Home / Internasional / Perahu Bertenaga Surya Mahasiswa UI Unjuk Kebolehan Di Dutch Solar Challenge 2016

Perahu Bertenaga Surya Mahasiswa UI Unjuk Kebolehan Di Dutch Solar Challenge 2016

BP_Jakarta——-Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) unjuk kebolehan di kompetisi Dutch Solar Challenge 2016 di Belanda. Sebelumnya Tim Solar Boat Team (SBT) UI berhasil meraih peringkat ke-2 di Asia lalu di Belanda mereka meraih ke-15 dunia. Dutch Solar Challenge merupakan Worldcup for solar powered boats atau kejuaraan dunia perahu bertenaga surya. Kompetisi ini berlangsung selama 7 hari di 5 kota di Belanda pada 30 Juni 2016 sampai 9 Juli 2016.
Kompetisi ini diikuti oleh 35 dari 14 negara dan mempertandingkan 4 kelas, yaitu A class (kelas kapal berpengemudi tunggal), B class (kapal berpenumpang ganda), V class (kapal design khusus oleh vripack), Top Class (kapal dengan spesifikasi high tech dan high speed). Tim UI berlaga di ajang kelas A dengan kapal inovasi buatan tim mahasiswa UI, yaitu Si Jagur.

Kapal Si Jagur adalah kapal yang menggunakan tenaga matahari sebagai penggerak kapal. Keunikan kapal terletak pada desain kapal yang memiliki konsep trimaran atau kapal dengan tiga lambung yang saling terhubung yang membuat kapal lebih stabil, bermanuver baik, luas bidang basah lebih kecil serta lebih cepat.

“Kami berterima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan doa yang terbaik bagi SBT UI. Kami berbangga hati dapat mewakili Indonesia dalam kompetisi bergengsi ini,” kata Ketua SBT UI, Pradhana Sadhu, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa 12 Juli 2016.

Pradhana menyampaikan SBT UI bersama “Si Jagur” telah berhasil menyelesaikan hampir seluruh tantangan dengan baik dan menghantarkan UI meraih peringkat ke-15 di dunia.

“Kami berharap pertandingan kali ini dapat menjadi pembelajaran berharga yang siap diwariskan kepada junior kami. Kami yakin dan sangat optimis bahwa Indonesia mampu menjadi juara dunia dari segi teknologi pada perlombaan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

“Perjuangan ini akan terus berlanjut. Kami dari SBT UI tidak akan pernah bosan untuk terus mendukung dan mendoakan kemajuan teknologi,” tutupnya.

Tim SBT UI merupakan 14 mahasiswa multidisiplin keilmuan teknik yang terdiri atas Pradhana Sadhu, Rizka Yulianti, Hafizha Mulyasih, Sigit Yoga, Andika Aldi, Sandy Sugandhy, Aufa Yusuf, Dendi Nurachman, M. Hanafi Lubis, Didit Andika, Ryan Dwi, Danurwendo, Aldy Syarihadin dan Yusro Fahmi. (RWN. Sumber Website UI. Foto Halaman FB Dutch Solar Challenge)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …