Rabu , April 24 2024
Home / Jurnal Masyarakat / Pengamatan Satwa Bersama Biodiversity Lovers Di Cibodas

Pengamatan Satwa Bersama Biodiversity Lovers Di Cibodas

Komunitas dari Biodiversity Lovers melakukan pengamatan satwa liar kembali di area sekitar Cibodas. Ini merupakan kegiatan yang ke 2 di tempat yang sama. Sebelumnya dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Di sini mereka mengamati dan meneliti berbagai jenis serangga maupun satwa lainnya. Sekitar 6000 species serangga bisa ditemukan di Indonesia.

Sekelompok pemuda ini hanya berbekal kamera dan juga buku panduan untuk mengidentifikasi serangga. Tatapan yang tajam melihat satu demi satu pepohonan dan dedaunan berharap ada serangga yang bisa diidentifikasi. Di area ini juga ditemukan kotoran binatang yang berukuran besar. Dapat disimpulkan bahwa disekitar area cibodas ini tidak hanya dihuni oleh serangga-serangga kecil, namun satwa liar yang berukuran besar pun ada. Kegiatan pengamatan ini berlangsung dari tanggal 18-20 Desember 2015.

“Kegiatan ini harusnya menjadi contoh untuk para pemuda sekarang supaya lebih mencintai satwa dan tentunya sangat bermanfaat bagi mereka, karena dengan melakukan pengamatan mereka bisa mengetahui jenis serangga, pola hidupnya, dan tahu bahasa latinnya. Kali ini hanya sedikit serangga yang bisa kami amati. Berbeda saat bulan Agustus lalu. Saya juga tidak tahu apakah faktor alam yang hujan terus atau gimana. Dan ingat Alam adalah Guru” ujar Umang selaku mentor dalam kegiatan ini.

Siswa SMAN 7 Jakarta pun turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka sangat bersemangat berburu serangga dengan menggunakan senjata kamera dan juga buku panduan. Bahkan beberapa dari mereka ada yang sudah tahu atau hafal bahasa ilmiah dari satwa yang mereka identifikasi.

Selain mengamati serangga, mereka juga diberikan materi tentang bertahan hidup di alam bebas (Jungle Survival), Navigasi Darat, SAR, P3K dan lainnya. Kegiatan ini dimentori oleh Adi Nugroho dari Alumnus Universitas Muhammadiyah Solo, Sumar Adi Wijaya dari Pelangi Outdoor, Gilang Faturachman dari Universitas Syekh Yusuf Tangerang dan Zikri dari Komunitas Pencinta Reptil Tangerang Selatan.

(Sumar Adi Wijaya. Penulis adalah penggiat kegiatan alam bebas dan pengusaha rental perlengkapan kemah Pelangi Outdoor)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Alumni Senior Bantu Pembangunan Masjid SMA 7 Jakarta

BP, Jakarta — Banyak ungkapan Jumat berkah yang hadir di medsos, hal ini tepat digunakan …