Minggu , Januari 23 2022
Home / Internasional / Pelajar Indonesia Raih Emas Di IYIPO 2016, Georgia

Pelajar Indonesia Raih Emas Di IYIPO 2016, Georgia

BP_Jakarta——-Tim penemu muda tanah air sukses meraih juara pada kategori Fisika dan Biologi di ajang IYIPO (International Young Investors Project Olympian) yang diselenggarakan di Georgia, Eropa. Peneliti muda Indonesia dari SMA PGRI 2 Kayen dan SMAN 2 Lamongan sukses mempersembahkan emas dari ajang ini.

SMA PGRI 2 Kayen, Pati, Jawa Tengah mengirimkan dua siswanya, yaitu Raafi Jaya Sutrisna dan Suprihatin. Tim Sains SMA PGRI 2 Kayen berhasil menjadi yang terbaik menjadi juara I di kompetisi tingkat internasional bagi penemu muda di bidang Fisika. Tema yang mereka bawa ialah Fisika Material dengan kajian Karbon Aktif Kulit Singkong Dan Serat Batang Pisang Sebagai Material Aktif Untuk Industri Otomotif, Kapal Dan Pesawat Terbang.

“Ini nyata dan bukan mimpi, kita yang notable Wong ndeso bisa meraih prestasi di kancah internasional. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami”. Ujar Muhammad Rauf selaku pembimbing sains SMA PGRI 2 Kayen.

Selain itu, Alfian Nurfaizi dan Arum Ayu Ratna Wilis tim dari SMAN 2 Lamongan yang juga meraih medali emas pada kategori Biologi dengan karya penelitian yang berjudul ‘Analisis Pengaruh Pemberian Antibiotik dari Tubuh Lalat Rumah (Musca domestica) terhadap Bakteri E. Coli (Escherichia coli) dengan Metode Total Plate Count (TPC) Dalam Upaya Pengobatan Penyakit Diare pada Manusia’.

Prestasi penemu muda tanah air ini telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah internasional.
Negara-negara yang mengikuti ajang ini yakni Indonesia, Afghanistan, Afrika Selatan, Albania, Amerika Serikat, Belarus, Bosnia Herzegovina, Azerbaijan, Kazakhstan, Pakistan, Vietnam, Ukraina, Nigeria, Macedonia, Mongolia, Tajikistan, Turki, Turkmenistan, Uganda, Swiss, Malaysia, Yordania, Denmark, Turkmekistan, Filipina, Kyrgistan, Mesir, Kenya, Rumania, Ukraina, Pakistan, India, Slovakia, Thailand. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Dokter Pejuang Kemanusiaan Itu Berpulang

BP, Jakarta — Dokter Joserizal Jurnalis dikenal sebagai dokter yang terjun ke berbagai lokasi konflik. …