Minggu , November 28 2021
Home / Nasional / Mengenang Hery Macan, Sang Guru

Mengenang Hery Macan, Sang Guru

BP_Jakarta——-Guru di Yayasan Survival Indonesia (YSI) telah berpulang. Herry Heryanto atau yang sering dipanggil Herry Macan banyak memberikan jasa bagi para penggiat alam terbuka terutama untuk cabang ilmu survival. Cahyo Alkatana salah seorang penggiat caving (susur gua) berkomentar bahwa Herry Macan adalah sosok yang dikenal hebat di alam bebas.

Arti “macan” yang menempel dengan namanya sebagai nama panggilan saudara-saudaranya di Wanadri, karena mendiang semasa hidup tinggal di Jalan Macan No. 27 Bandung.

Hobinya mendaki gunung dilakukan ketika Kang Herry diajak ayahnya pergi ke gunung. Pada tahun 1965 ia telah mendaki Gunung Tangkuban Perahu. Banyak daerah telah dijelajahinya, yang paling berkesan bagi beliau adalah ketika mendaki Gunung Leuser di Aceh, medan yang jauh membawanya kagum pada Leuser.

Pria yang menjadi instruktur survival ini mendirikan YSI sejak tanggal 1 Juni 1992. Kang Herry menekankan fokus ke pendidikan dan pelatihan seperti SAR, jungle survival, navigasi darat, mountain rescue, vertical rescue, dan segala pengetahuan yang ada kaitannya dengan aktivitas di alam terbuka.

Rasa duka yang mendalam datang dari Idhat Shidarma Lubis, kawan mendaki Soe Hok Gie, “Herry Macan merupakan guru terbaik kelas dunia untuk jungle survival”.

Selamat jalan Sang Guru, jasamu abadi.(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Perwira Siswa Mancanegara Ikuti Kursus Bahasa Indonesia

*Tujuh Pasis Mancanegara Selesai Ikuti Kursus Bahasa Indonesia* BP, Jakarta — Sebanyak tujuh Perwira Siswa …