Minggu , November 28 2021
Home / Nasional / Massa Aksi 505 Padati Istiqlal

Massa Aksi 505 Padati Istiqlal

Foto: Situasi menjelang shalat Jumat depan Masjid Istqlal sebelum aksi simpatik 505. (MIR)

BP, Jakarta — Aksi simpatik akan digelar di Jakarta pada 5 Mei 2017 untuk meminta ditegakkan hukum seadil-adilnya terhadap Ahok terdakwa kasus penistaan agama yang sidangnya digelar di PN Jakarta Utara. Tuntutan jaksa penuntut umum yang hanya menuntut pidana 1 tahun dengan 2 tahun percobaan dianggap melukai rasa keadilan karena pada kasus penistaan agama sebelumnya pelaku selalu ditahan dan dihukum berat.

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Ustadz Bachtiar Nasir menjelaskan rencana aksi simpatik 505. “Lokasinya kami pusatkan di Masjid Istiqlal, mungkin kalau long march udah enggak bisa jalan ke Mahkamah Agung, jadi mungkin delegasi yang akan datang,” ujar dia.

Bachtiar menegaskan, kedatangan massa Aksi ke MA bukan bermaksud untuk menekan penegak hukum, melainkan hanyalah bentuk aspirasi masyarakat. Usai aksi ini, Bachtiar mengaku akan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada majelis hakim.

“Kami serahkan sepenuhnya pada majelis hakim dan Mahkamah Agung RI, yang terhormat dan yang mulia untuk mengambil keputusan yang terbaik dan sisanya kami hanya bertawakal pada Allah,” jelas UBN.

Massa aksi 505 GNPF MUI sudah mendatangi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Massa yang kebanyakan membawa bendera putih tampak berkelompok di lingkungan masjid.

Pantauan BP, Jumat (5/5/2017) pukul 09.00 WIB massa belum seluruhnya masuk ke dalam masjid. Sebagian masih berada di selasar dan halaman Masjid Istiqlal. Di halaman masjid tampak berdiri posko-posko dari berbagai ormas untuk membantu konsumsi, medis dan kebersihan.

Selain itu selepas shalat Jumat diperkirakan massa masih akan berdatangan dari berbagai tempat. Sebagian tampak bersiap seperti di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat. “Konvoi dengan sepeda motor, bawa bendera,” pesan Ustadz Sofyan kepada para aktivis dakwah di Karet Tengsin. Selepas shalat Jumat massa dari Karet Tengsin akan berkumpul di seberang Apartemen Sudirman Park dan akan berkonvoi bergabung dengan massa aksi di sekitar Tanah Abang menuju pusat lokasi aksi 505. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Perwira Siswa Mancanegara Ikuti Kursus Bahasa Indonesia

*Tujuh Pasis Mancanegara Selesai Ikuti Kursus Bahasa Indonesia* BP, Jakarta — Sebanyak tujuh Perwira Siswa …