Jumat , April 26 2024
Home / Bisnis / Manisnya Buah Naga Di Lahan Gambut

Manisnya Buah Naga Di Lahan Gambut

BP_Kalimantan Tengah——-Belum lama ini di Desa Gohong, Kecamatan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah banyak warganya memancarkan sumringah.

Kepala Desa Gohong, Yanto mengatakan, banyak lahan bekas kebakaran sejak 1997 di desanya, tidak pernah dikelola kembali. Hingga lahan tersebut  membentuk semak belukar yang pada musim kemarau memberikan kerentanan kebakaran lahan.

“Kalau lahan gambut terbengkalai ini dikelola dengan memperhatikan kelestarian gambut, dan menanamnya tanpa merusak gambut, saya pikir ini akan baik buat desa kami yang selama ini seringkali langganan kebakaran lahan gambut,” jelasnya.

Dinyatakan setelah sekian kali percobaan menanam aneka macam tanaman termasuk jagung, sorgum, di lahan gambut tanpa metode membakar, akhirnya petani di Desa Gohong, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah sukses menanam buah naga organik di lahan gambut.

Bisa dirasakan hasil, rasanya sangat berbeda dengan buah naga pada umumnya. Bertekstur dan jusi, rasa manisnya terasa legit segarnya. “Kami menggunakan pupuk alam dari kotoran ayam kampung yang telah kami olah. Semua organik, kami tidak menggunakan bahan-bahan kimia apalagi pestisida,” jelas kepala Kelompok Tani Bumi Mekar Wangi,  Anda B Gani, 46.

Kenyataan ini memang tak semulus yang dikira. Para petani mencobanya Dari tahun 2012. Kelompok tani yang terdiri dari 42 orang ini bisa menghasilkan 10 ton buah naga organik, dengan harga perkilonya sekitar Rp 38.000,- (17/9/2016).

Luas lahan pohon buah naga yang diujicobakan sementara ini masih sekitar 5 ha. Karena hasil ujicoba ini berhasil dengan baik, dia dan kelompoknya akan mencobanya lagi yang lebih luas.

Tentu saja hasil ini bukanlah serta merta. Anda yang adalah petani karet, semula tidak pernah yakin bisa menanami lahan gambut yang sejak 1997 terbengkalai begitu saja sejak kebakaran pertama di tahun tersebut. Mereka juga tidak pernah bertanam buah-buahan seperti naga, dan mengolah lahan gambut untuk ditanami tanpa membakar. Tapi dia diajak belajar dari sebuah perusahaan agrobisnis PT Borneo Mekar Wangi, yang juga mencari pasar bagi buah naga organik dari gambut tersebut. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Tawa Bahagia Buah Hati di Cooking Class Maybank For Community

BP, Jakarta — Maybank for Community untuk kesekian kalinya digelar oleh Maybank Customer Experience Division. …