Selasa , April 23 2024
Home / Nasional / Lanjutkan Reklamasi Menabrak Norma Hukum

Lanjutkan Reklamasi Menabrak Norma Hukum

BP_Jakarta——-Mantan Ketua MPR RI, Prof. Dr. Amien Rais mengeritik pemerintah dalam hal ini Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, terkait kebijakannya yang akan melanjutkan program reklamasi Teluk Jakarta. Hal ini disampaikan Amien kepada wartawan usai melakukan Konferensi Pers Mudzakarah Ulama dan Tokoh Nasional di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Amien menilai Menteri Luhut telah menggasak semua kebijakan yang dibuat menko kemaritiman sebelumnya, Rizal Ramli. Setelah Rizal Ramli hengkang, semua kebijakan yang pernah ada terkait reklamasi itu langsung dihapuskan. 

“Ini suatu ugal-ugalan dalam negeri kita, semua bisa ditabrak, tidak ada lagi norma hukum. Saya kira ini adalah suatu awal keruntuhan. Sebuah rezim yang sudah mulai menekan orang kecil, dhuafa, membela yang besar itu tinggal tunggu kehancurannya. Saya bukan mendoakan tetapi mengingatkan,” ujar mantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini.
“Jangan mentang-mentang berkuasa, reklamasi yang jelas-jelas merusak masyarakat nelayan, lingkungan dan ekologi hancur, sudah distop. Begitu Rizal Ramli pergi, langsung dihidupkan lagi,” tambahnya.

Menurut Amien, cara Menteri Luhut ini merupakan sebuah tontonan arogansi kekuasaan. Jangan lupa, kata dia, orang atau rezim berkuasa itu hanya sementara. Ia menegaskan tidak ada orang yang berkuasa sepanjang masa. “Jadi bagi yang sekarang berkuasa kita ingatkan jangan sok angkuh dan sombong,” ujarnya. 

Diketahui sebelumnya Rizal Ramli saat menjadi Menko Maritim secara resmi membatalkan proyek reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta lantaran dinilai melakukan pelanggaran berat karena membahayakan lingkungan hidup, lalu lintas laut dan proyek vital. Selain itu juga PTUN memenangkan gugatan Nelayan Jakarta dengan putusan yang membatalkan SK Gubernur DKI nomor 2.238 Tentang Pemberian Izin Reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta kepada PT. Wisesa Samudera. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …