Minggu , September 8 2024
Home / Nasional / Himapala UMK Selenggarakan Seminar Nasional Relawan Garis Depan

Himapala UMK Selenggarakan Seminar Nasional Relawan Garis Depan

BP, Kupang — Generasi muda di Kota Kupang Nusa tenggara Timor (NTT), tampaknya harus siap-siap mendapat pengetahuan berkualitas tentang relawan kemanusiaan dan kebencanaan. Pasalnya, tak lama lagi Himapala Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), menyelenggarakan seminar Nasional.

“Iya benar, kami akan menyelenggarakan seminar Nasional yang berkaitan dengan kebencanaan dan bagaimana cara menjadi relawan garis depan di lokasi bencana,” kata Ketua Umum Himapala UMK, Muhammad Ikram Balaga kepada awak media yang menghubunginya. (25/6/2024).

Seminar Nasional ini lanjut Ikram, akan diikuti Mapala dan Sispala se-Kota Kupang, serta komunitas relawan yang ada di Kota Kupang.

“Selain mereka, kami juga mengundang seluruh Unit Kegiatan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kota Kupang,” imbuhnya.

Dijelaskan pula oleh Ikram, tujuan mereka menggelar seminar Nasonal adalah untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengenai relawan bencana.

Untuk penguatan koordinasi dan kolaborasi anatara relawan dengan pemerintah, oraganisasi non pemerintah,Unit kKgiatan Mahasiswa, dan komunitas lokal.

Kemudian untuk evaluasi dan peningkatan kualitas relawan dalam penanggulan bencana. Sosialisasi teknologi dan inovasi terbaru yang dapat mendukung kegiatan relawan dalam penanggulangan bencana.

“Tujuan berikutnya dari seminar nanti adalah untuk mengajak peserta memahami regulasi dan kebijakan terkait penanggulangan bencana dan peran relawan,” jelas Ikram.

Agar peserta seminar Nasional mendapat pengetahuan berkualitas, Himapala UMK bakal mengundang 3 narasumber yang memiliki kompetensi di bidang kebencanaan, serta memiliki pengalaman panjang terjun ke sejumlah lokasi bencana di Indonesia.

Ketika ditanya awak media nama-nama narasumber yang bakal tampil, dan tanggal pelaksanaan seminar, Ikram belum mau mengungkap.

“Dua informasi itu, kami sampaikan minggu depan,” pungkas Ikram.

 

(AS)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Belantara Foundation Ajak Pelajar Asal Jepang Tanam Pohon

BP, Riau — Belantara Foundation bersama Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Minas Tahura dan Kelompok …