Kamis , April 25 2024
Home / Nasional / Hari Badak Sedunia 2015 Ingatkan Kembali Badak Di Ambang Kepunahan

Hari Badak Sedunia 2015 Ingatkan Kembali Badak Di Ambang Kepunahan

BP_Jakarta——-Tahun 2014 lalu ada kabar menggembirakan dari Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak paling barat di Pulau Jawa. Kabar datang dari hewan besar yang dikenal sebagai pemalu ini. Tercatat dalam rentang beberapa bulan dari April sampai Juni tiga ekor anak Badak lahir dari induk yang berbeda.

Alain Compost salah satu fotografer profesional dan videografer alam liar yang kerap mendokumentasikan badak menceritakan pengalamannya di acara Hari Badak Sedunia yang diselenggarakan World Wildlife Fund For Nature (WWF) di kawasan Kebayoran Baru,Jakarta Selatan (22/9/2015). Acara ini dihadiri penggiat alam bebas, peneliti, mahasiswa serta dari lembaga swadaya masyarakat dan dosen.

Dipaparkan Alain masih banyak di dalam kawasan maupun di luar kawasan orang memburu hewan pemalu itu, sebagian besar dari mereka memburu cula serta untuk alasan medis, padahal semua itu bohong besar.

Menurut data IUCN hewan ini memiliki berat 900 sampai 2.300 kilo gram dengan rentang hidup 30 – 40 tahun.

Hewan langka ini pada betinanya hanya mampu melahirkan tiga tahun sekali dengan kematangan seksualitasnya 5 – 7 tahun.

Hadir menjadi pembicara dalam acara ini Tatang Mitra Setia, dosen dari Fakultas Biologi Universitas Nasional, Sunarto Ahli Satwa Liar dari WWF serta Alain Compost. Acara ini dimeriahkan juga dengan aksi kampanye visual digital melalui media sosial, pameran foto, pemutaran film, diskusi serta musik dari Endah N Rhesa.

Salah satu pengunjung dari Mapala Stacia UMJ Adlin Nefriza mengatakan bahwa kegiatan positif ini harus terus digalakkan mengingat saat ini Badak diambang kepunahan.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Banten, Mochamad Haryono bahwa jumlah Badak Jawa di alam liar hanya tinggal 60 ekor, yang pada 2014 terekam satu individu baru. Meskipun demikian kita harus tetap waspada menjaga kelestariannya mengingat hutan tempat hewan ini hidup mengalami penyusunan tutup Alain. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …