Rabu , Oktober 20 2021
Home / Nasional / Terlihatnya Harimau Jawa Adalah Kabar Palsu

Terlihatnya Harimau Jawa Adalah Kabar Palsu

BP_Jakarta——-Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) dalam daftar merahnya (redlist), Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) termasuk salah satu dari 3 subspesies harimau yang telah dinyatakan punah (extinct). Di awal 80-an harimau ini dinyatakan punah.

Harimau ini pertama kali diklaim punah pada tahun 1950. Lalu muncul lagi pada tahun-tahun berikutnya dan diklaim punah lagi pada tahun 1972.

Kabarnya hewan loreng ini muncul lagi di tahun 1998. Akhirnya The Tiger Foundation dari Amerika Serikat datang dan mensurvei kembali hutan di Taman Nasional Meru Betiri selama setahun. Hasilnya, pada tahun 1999 Harimau Jawa dinyatakan punah kembali.

Tapi tiba-tiba pada tahun 2010 situs resmi Balai Taman Nasional Meru Betiri menerangkan bahwa Harimau Jawa masih sering memergoki warga lokal memanen hasil hutan hingga sekitar tahun 2010-an. Berdasarkan pengakuan warga, sepertinya Harimau Jawa memang belum punah meskipun jumlahnya hanya beberapa ekor saja.

Temuan dilanjutkan pada tanggal 11 November 2013, sebuah situs luar negeri, listverse.com, memposting artikel tentang Javan Tiger. Mereka menerangkan bahwa harimau jawa adalah hewan yang tercatat dalam daftar hewan punah di dunia.

Kini harimau itu dinyatakan ada lagi. Sebuah komentar yang tidak bertanggung jawab di media sosial, sehingga kabarnya tersiar dan terus meluas. Padahal keberadaan foto Harimau Jawa tersebut adalah gambar Harimau Benggala yang gambarnya diambil dari Taman Safari Indonesia Prigen. Banyak orang langsung menyebarkan berita hoax tersebut.

Banyak netizen berkomentar dan memerotes hal tersebut agar berita tidak ditelan mentah-mentah, harus disaring kembali. Secara visual dari tahun 80-an belum lagi terdapat harimau Jawa.

Salah satu kabar palsu beredar dari akun facebook berinisial LS, diterangkan harimau tersebut turun dari Gunung Arjuno, Jawa Timur dan berkeliaran di sekitar Gunung Mujur dan Gunung Indrokilo, padahal foto harimau sebenarnya yang tampak pada gambar sebelah kiri adalah di area TSI Prigen, sementara foto di sebelah kanan sebagai foto area lebih luasnya. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Terima Kasih Tulus Dari Anak Korban Banjir NTT

BP, NTT — Mata indah Hasan, Rasul, Alfat dan Zain terlihat berbinar. Senyum penuh semangat …