Senin , Februari 17 2020
Home / Nasional / Peringati Asia Water Bird Cencus, Biodiversity Warriors Terjun Ke Ancol

Peringati Asia Water Bird Cencus, Biodiversity Warriors Terjun Ke Ancol

BP, Jakarta — Asian Waterbird Census (AWC) adalah kegiatan kesukarelawanan untuk memantau burung air yang dilakukan setiap tahun di setiap minggu ke-2 dan ke-3 di bulan Januari. Kegiatan ini dilakukan serentak secara internasional meliputi wilayah Afrika, Amerika, dan Eropa, dan Australasia (Australia, Selandia Baru, Kepulauan Papua New Guinea, dan Kepulauan Pasifik)

Di tahun 2020, Biodiversity Warriors (BW) Yayasan KEHATI melakukan pengamatan burung air di Taman Wisata Ancol, Jakarta Utara. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan anggota BW dari beberapa daerah seperti Aceh, Medan, Bali, Purwokerto, dan Jakarta. Sebelumnya, BW Yayasan KEHATI melakukan kegiatan di Hutan Lindung Angke Kapuk, dan berhasil mengindentifikasi sejumlah 132 ekor dari 14 jenis burung air.

Taman Impian Jaya Ancol dipilih menjadi kegiatan sensus burung air Asia tahun ini karena lokasi yang berada di pesisir Jakarta dan merupakan daerah tujuan wisata. Lokasi wisata yang memiliki luas sekitar 150 ha ini merupakan lokasi yang penting bagi pelestarian burung air di Jakarta dan diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi daerah wisata pantai lainnya di Indonesia.

“Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyambut baik dipilihnya kawasan wisata Ancol sebagai lokasi pengamatan burung air. Terlebih sebagai pengelola kawasan wisata Pantai Jakarta, juga memiliki perhatian khusus terhadap keberlanjutan hidup keanekaragaman hayati yang ada didalamnya. Sehingga kami turut mendukung kegiatan ini,” ujar VP Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Agung Praptono.

Hasil sensus burung air Asia 2020 ini nantinya akan dilaporkan kepada Wetland Indonesia Program sebagai koordinator AWC Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasil pengamatan dapat menjadi pengayaan data keanekaragamman hayati Pemprov DKI Jakarta.

“Yayasan KEHATI secara konsisten memperkenalkan kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia kepada generasi muda, salah satunya melalui kegiatan peringatan hari besar lingkungan seperti Asian Waterbird Census 2020. Kita ingin menunjukan bahwa kota besar seperti Jakarta pun masih memiliki keragaman satwa yang cukup tinggi,” jelas Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos.

Biodiversity Warriors adalah gerakan anak muda yang bertujuan memopulerkan keanekaragaman hayati baik dari sisi keunikan, pelestarian, dan pemanfaatan secara berkelanjutan. Didirikan sejak 2014, BW sudah memiliki lebih dari 2.000 anggota dari beberapa universitas di Indonesia.

(RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

TN Bantimurung Bulusaraung Ditetapkan Sebagai ASEAN Heritage Park

BP, Jakarta — Heritage dalam kamus Oxford ditulis sebagai sejarah, tradisi dan kualitas yang dimiliki …