Minggu , Maret 29 2020
Home / Internasional / Dokter Pejuang Kemanusiaan Itu Berpulang

Dokter Pejuang Kemanusiaan Itu Berpulang

BP, Jakarta — Dokter Joserizal Jurnalis dikenal sebagai dokter yang terjun ke berbagai lokasi konflik. Namanya mulai dikenal saat ia terjun di daerah konflik Ambon sekitar tahun 1999 sampai awal 2000-an.
Jose meninggal dunia pada 20 Januari 2020. Lelaki kelahiran 11 Mei 1963 ini merupakan pendiri Medical Emergency Rescue Committe atau Mer-C.Joserizal adalah spesalis bedah orthopedi (bedah tulang) lulusan Fakultas Kedokteran UI.

Ahli ekonomi syariah, Syafii Antonio menyatakan, “Joserizal banyak sekali terjun membantu sesama saudara kita yang sedang tertimpa musibah di daerah bencana dan di daerah konflik seperti Ambon, Maluku, Mindanao, Afghanistan, Irak, bahkan hingga Gaza,” jelas Antonio.

“Salah satu karya monumental dr. Joserizal adalah berdirinya Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Satu rumah sakit yang sangat megah dan lengkap. Rumah sakit Indonesia merupakan salah satu rumah sakit terlengkap di Palestina dengan satu lantai underground tambahan ke bawah yg di design khusus untuk mengevakuasi korban saat ada pengeboman di dua lantai atasnya,” tambahnya.

“Pada saat pembangunannya ada puluhan tenaga konstruksi Indonesia yang dibawa dr Joserizal terkepung serangan zionist israel di dalam rumah sakit yang tengah dibangun,” tulis Antonio.

(RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Sinergi Multi Sektor Dalam Revitalisasi Citarum

PT Bank HSBC Indonesia, Yayasan KEHATI, GIF, DLH, Desperindag Jabar, meresmikan program Revive Citarum, Selasa …