Jumat , April 26 2024
Home / Jurnal Masyarakat / Gerhana Bulan, Momentum Mendekatkan Diri Kepada Ilahi

Gerhana Bulan, Momentum Mendekatkan Diri Kepada Ilahi

BP, Tangerang — Suara takbir berkumandang selepas shalat isya berjamaah (31/08/2018) dari Masjid At- Tawwab di komplek perumahan kami. Lantunan suara sekitar 300 orang jamaah tersebut mengingatkan pada suasana takbiran menjelang Idul Fitri/Idul Adha. 

Imam kemudian mengajak jamaah untuk bersama-sama melaksanakan shalat khusuf (gerhana bulan) sebagaimana tuntunan Rasullulah SAW ketika terjadi gerhana di masa beliau hidup. 

Bacaan surat yang panjang membuat kaki cukup pegal, sedikit membuat suasana batin agak sedikit kurang khusyu, dan kemudian agak membuat tersedak hingga air mata mulai mengalir, ketika membayangkan bagaimana Rasullullah SAW menghabiskan surat Al Baqarah dan Ali Imron bahkan hingga surat An Nisaa dalam satu rakaat, sehingga disebutkan kaki beliau bengkak, dan itu semua untuk menunjukan rasa syukur atas berbagai karunia Allah SWT. 

Dalam khutbahnya, khatib menekankan hadits yang terkait dengan amalan ketika gerhana, yaitu berdo’a, bertakbir, shalat dan sedekah.

Selepas shalat, alhamdullillah masih sempat menyaksikan fenomena alam tersebut, meskipun tidak leluasa karena sebagian tertutup awan.

(Yus Rusila Noor. Jamaah Masjid At-Tawwaab, Larangan Indah, Kota Tangerang, Banten)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Alumni Senior Bantu Pembangunan Masjid SMA 7 Jakarta

BP, Jakarta — Banyak ungkapan Jumat berkah yang hadir di medsos, hal ini tepat digunakan …