Rabu , November 14 2018
Home / Jurnal Masyarakat / TNKpS Menanti Mahasiswa Pelestari Konservasi

TNKpS Menanti Mahasiswa Pelestari Konservasi

BP, Jakarta — Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS) adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak pada lokasi geografis 5°23’ – 5°40’ LS, 106°25’ – 106°37’ BT sebelah utara Jakarta. 

Pada tanggal 19/02/2018, Klub Indonesia Hijau (KIH) Regional 01 Jakarta melakukan kunjungan ke Kantor Taman Nasional Tersebut di Pulau Harapan. KIH mengamati anak-anak remaja yang kerap melakukan kegiatan di TNKpS. 

Di tahun lalu terhitung dari Januari ke Desember sedikitnya ada 32 kegiatan yang diberikan SIMAKSI (Surat Untuk Memasuki Kawasan Konservasi). Yang terbanyak dilakukan di bulan Maret, yakni sembilan kunjungan. 

Kategori SIMAKSI yang masuk adalah praktek kerja lapangan, penelitian, magang, kunjungan lapangan, penyuluhan serta monitoring. Penelitian mencapai 18 kegiatan, disusul oleh praktek kerja lapangan dan kunjungan lapangan. Monitoring dan magang masing-masing dilakukan tiga kegiatan. 

Yang masih sedikit yakni penyuluhan, padahal permasalahan di pulau semakin menumpuk sementara kampus-kampus di darat atau Jakarta jumlahnya ratusan. 

Layaknya kita berbagi, seperti pada kisah-kisah para pejuang seperti Panglima Soedirman, KH. Ahmad Dahlan, Tan Malaka, Soekarno dan masih banyak lagi yang mereka isi dengan penyuluhan. 

Kegiatan penyuluhan ini pada tahun lalu dilakukan oleh Jurusan Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Agung Tirtayasa. Mereka dengan penuh semangat melakukan penyuluhan Stop Pengambilan Pasir, Stop Menimbun Sampah serta melakukan Transplantasi Lamun serta Rehabilitasi kehidupan laut. 

Semoga semangat mahasiswa bisa memberi inspirasi bagi mahasiswa yang lain untuk bisa lagi berbagi kepada yang lain.

(Fadlik Al Iman Koordinator Klub Indonesia Hijau Regional 01 Jakarta).

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Generasi 80an Berpesta

Generasi 80an Berpesta. Oleh : Geisz Chalifah (alumni SMA 7 Jakarta tahun 1981). Sebuah undangan …